Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Saat Membangun Kolam Renang

area transisi dari rumah ke kolam

Sebelum membangun kolam renang, sudah seharusnya memikirkan apa saja yang perlu dipersiapkan  ketika Anda akan memutuskan tampilan kolam renang secara keseluruhan termasuk menyewa kontraktor kolam renang. Arsitek lanskap atau pembangun kolam renang dapat memandu Anda melalui proses desain, membantu untuk memiliki gambaran umum tentang apa yang Anda inginkan. Sebelum membangunnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membangun kolam renang:

  1. Mengapa anda menginginkan kolam renang?

Jawaban dari pertanyaan ini akan mempengaruhi dasar dari desain kolam renang yang anda inginkan. Misalnya, kolam yang diinginkan khusus untuk olah raga akan terlihat berbeda dengan tampilan kolam renang untuk hiburan atau bersantai dimana ada beberapa estetika gemericik air atau sedikit kebun pada desainnya.

kolam renang untuk hiburan atau bersantai

 

  1. Siapa yang akan menggunakan kolam renang?

Perlu diingat, kolam renang yang digunakan anak-anak akan berbeda dengan dewasa atau yang sudah lansia. Kolam renang untuk segala umur, dapat dibuat dengan area yang lebih dangkal untuk anak-anak dibawah umur dan dapat ditambahkan gagang di beberapa sisi kolam untuk lansia

kolam renang yang digunakan anak-anak

  1. Apakah halaman anda cukup untuk sebuah kolam renang?

Ada beberapa pendapat yang merekomendasikan tes tanah terlebih dahulu untuk memastikan area tersebut cocok atau tidak untuk konstruksi kolam renang. Tanah berpasir, luas atau berbatu dan faktor-faktor tanah lainnya akan menjadi bahan pertimbangan ketika membangun sebuah kolam renang. Misalnya, tanah dengan kadar air yang tinggi dapat meningkatkan biaya konstruksi secara signifikan, karena struktur tanah harus padat.

Apakah halaman anda cukup untuk sebuah kolam renang

  1. Dimana lokasi kolam renang

Anda perlu mengetahui zona dan peraturan properti di daerah Anda. Untuk mengontrol saluran  air, mungkin ada pembatasan pada beberapa titik area di halaman Anda yang mungkin saja bersinggungan dengan aliran Gas, listrik, telepon, kabel, dan saluran air sehingga dapat mempengaruhi lokasi kolam, karena sering ada biaya tambahan untuk merelokasi utilitas ini. Ingat juga untuk mempertimbangkan bagaimana orang akan masuk dan keluar dari kolam, di mana orang akan berkumpul dan bagaimana memaksimalkan paparan sinar matahari sambil meminimalkan paparan angin, yang berkontribusi terhadap kehilangan panas dan penguapan.

lokasi kolam renang

  1. Bagaimana bentuk dan gaya kolam renang yang anda inginkan

Membangun kolam mewah disarankan memilih bentuk dan gaya yang melengkapi arsitektur rumah dan lanskap yang ada. Jika Anda merancang desain kolam yang tidak sesuai dengan arsitektur rumah, cobalah untuk membuat area transisi dari rumah ke kolam, dengan menggunaan trotoar dan tanaman, Anda dapat memandu orang dari satu estetika ke estetika yang lain tanpa terlihat bentrokan dalam gaya.

area transisi dari rumah ke kolam

  1. Ciri khas apa yang diinginkan pada kolam renang

Untuk memaksimalkan kenikmatan saat berenang atau saat tidak berenang, Anda dapat menggabungkan fitur air dan pencahayaan. Berdasarkan bagaimana Anda berencana untuk menggunakan kolam renang, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan bangku bawah air, kolam yang bergaya pantai dangkal, area untuk bermain bola voli air atau bola basket.

6. Ciri khas apa yang diinginkan pada kolam renang

  1. Fasilitas apa saja yang anda inginkan

Ketika merencanakan kolam renang yang ideal, anda dapat cantumkan semua yang diinginkan bahkan jika anggaran Anda tidak untuk membangunnya sekarang. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan termasuk dapur luar ruangan, pancuran luar ruangan, bar kolam renang, gazebo, dan bahkan peralatan bermain anak-anak. Karena, akan jauh lebih murah biayanya untuk mengakomodasi rencana masa depan dalam desain asli, daripada memodifikasi lanskap kolam Anda nantinya. Misalnya, jika Anda tahu akan menambahkan dapur terbuka di kemudian hari, sebaiknya pasang saluran air ke area-area yang akan digunakan sebagai dapur terbuka di awal, daripada merombak kembali di kemudian hari

7. Fasilitas apa saja yang anda inginkan

  1. Material apa yang akan anda gunakan

Meskipun plester telah menjadi permukaan kolam yang dominan selama beberapa dekade, permukaan ubin kini telah menjadi keharusan. Mosaik ubin yang rumit dan baru-baru ini, ubin mengkilap memberikan fleksibilitas artistik yang banyak dicari pemilik kolam mewah. Selain itu, batu alam dan air terjun pun dapat membuat kolam terlihat menyatu dengan pemandangan alam, sedangkan ubin mengkilap dan pancaran air yang dihasilkan mungkin terlihat indah di sekitar rumah di lingkungan perkotaan kontemporer. Selain itu, salah satu material bahan bangunan seperti pipa air juga diperlukan untuk menunjang saluran air ke kolam renang Anda. Pastikan Anda memilih pipa PVC terbaik yang kuat dan tahan lama, karena pembuatan kolam renang membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas seperti pipa PVC Rucika

pipa Rucika JIS dan Standard

  1. Bagiamana memastikan kolam akan mudah dipelihara

Tidak ada kolam renang yang dipelihara secara gratis, namun anda dapat mengurangi biaya pemeliharaan dengan memastikan kolam anda hemat energi. Memiliki sanitiser otomatis seperti generator air asin yang dapat memastikan jumlah bahan kimia sanitasi yang tepat di dalam air setiap saat, sehingga dapat mengurangi lumut pada kolam dan dapat mengurangi biaya pemeliharaan

kolam akan mudah dipelihara

  1. Siapa yang akan membangun kolam

Cara terbaik untuk menemukan pembangun kolam yang berkomitmen pada konstruksi berkualitas dan desain yang baik adalah anda dapat meminta rujukan dari teman dan kolega yang memiliki kolam yang Anda sukai.

pembangun kolam

Leave us your thought