Cara Menyambung Pipa Agar Tak Mudah Bocor

Instalasi air di rumah merupakan salah satu aspek penting yang selalu menjadi perhatian utama pada tahap awal pembangunan bangunan. Jika proses pemasangan tidak dilakukan dengan benar, maka akan terjadi kerusakan atau kebocoran yang tentunya akan sangat mengganggu Anda. Jika terlanjur terjadi kebocoran, sambungan yang kurang baik atau patah harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan lain.

Untuk itu, perlu untuk memiliki saluran air yang kuat, tahan lama dan anti bocor. Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan di proses pemasangan atau penyambungan pipa PVC ketika menginstalasi saluran air, diantaranya:

  1. Persiapkan peralatan-peralatan berikut: ampelas, pipa air PVC, sambungan pipa, lem pipa PVC dan kain bersih.
  2. Kemudian, ampelas ujung pipa yang akan disambung agar kotoran yang menempel menghilang. Pengampelasan ini juga berfungsi agar ujung pompa lebih kasar dan kesat ketika disambungkan. Untuk pipa ukuran kecil, sebaiknya jangan mengampelas terlalu lama.
  3. Bersihkan ujung pipa dan juga bagian dalam sambungan pipa dengan lap bersih agar debu sisa pengampelasan hilang.
  4. Oleskan lem di ujung pipa bagian atas yang ingin disambungkan dan berikan juga lem pada bagian dalam sambungan pipa. Segera rekatkan kedua pipa tersebut dengan menekannya sekeras mungkin ke dalam sambungan hingga benar-benar masuk. Jangan lupa untuk pastikan sambungan pipa tersebut kuat.

Selain menerapkan tahapan di atas, perhatikan juga kualitas material yang Anda gunakan. Untuk lem perekat, pilihlah lem yang terbukti kuat dan tahan lama. TruGlue adalah perekat PVC yang dikembangkan khusus oleh para ahli untuk daerah yang beriklim tropis. TruGlue mempunyai daya rekat luar biasa dan membuat pipa dan sambungannya bersenyawa dengan sempurna (welded) sehingga mencegah kebocoran.

Demikian cara mudah menyambung pipa. Semoga dapat membantu Anda.

Referensi: pipaku.com

Leave us your thought