28 Maret 2024,

admin_rucika

Apa itu Material Virgin pada PVC Standard?

PolyVinyl Chloride (PVC) merupakan material yang memiliki sifat keras, liat dan tidak terpengaruh terhadap zat kimia sehingga sangat cocok untuk digunakan pada bangunan sebagai saluran air. Pipa PVC memiliki sifat yang ringan, kuat, fleksibel, tahan korosi dan tahan terhadap kebocoran.

Pembuatan pipa PVC dilakukan dengan menggunakan mesin extruder yang akan memproduksi pipa secara kontinyu. Dalam proses pembuatan pipa PVC ini sering terjadi kecatatan produk karena adanya ketidak stabilan parameter pada setiap mesin produksi, human error, dan kimia sehingga menghasilkan pipa reject yang pastinya akan menjadi limbah produksi. Cara menanggulangi limbah produksi ini adalah dengan menggunakan proses recycle, karena PVC merupakan thermoplastic, yaitu plastik yang dapat dicetak berulang-ulang.

Dalam prosesnya, pipa reject akan disortir terlebih dahulu berdasarkan kriteria yang masih layak untuk dijadikan sebagai material recycle untuk kemudian diproduksi kembali. Pipa hasil recycle memiliki perbedaan rupa dengan pipa virgin dari segi warna dan tekstur. Jika dibandingkan, pipa PVC yang diproduksi dengan material virgin memiliki karakteristik material yang seragam karena memang diperuntukkan untuk proses injection molding,  sedangkan material recycled biasanya memiliki karakteristik yang beragam dikarenakan diversivitas yang tinggi dari material asalnya. Oleh sebab itu, produk pipa yang terbuat dari recycled memiliki karakteristik material yang sangat berbeda-beda jika dibandingkan dengan material virgin.

Resin PVC Virgin                                                                                    Resin PVC Recyle

        Gambar 1  Resin PVC Virgin                                                                                                  Gambar 2 Resin PVC Recycle

Dikarenakan pipa PVC yang diproduksi dengan material recycled memiliki karakteristik yang berbeda-beda, perlu dilakukan uji untuk memastikan pipa PVC dari material recycled ini dapat digunakan sesuai dengan umur lifetime pipa PVC yaitu 50 tahun.

Pengujian dilakukan dengan mereferensikan standar yang berlaku diantara lain :

  1.     Uji dimensi berupa rata-rata diameter dan ketebalan
  2.     Uji hidrostatik
  3.     Uji metilen klorid
  4.     Uji pembalik arah panjang
  5.     Uji tarik
  6.     Uji flattening

Pengujian PVC dari material virgin dan recycled ini sejalan dengan penelitian dari P. Shashidar et al (2021) dengan kesimpulan yang didapat adalah terdapat penurunan force atau kekuatan tekan pada spesimen uji dengan material campuran PVC virgin dengan recycle, dimana penurunan semakin besar seiring bertambahnya komposisi material recycle.

PT Wahana Duta Jaya Rucika selalu berusaha memberikan yang terbaik melalui produk PVC Standard yang diproduksi menggunakan resin PVC virgin. Hal ini dapat dibuktikan dengan permukaan pipa PVC Standard yang halus, kuat menahan tekanan sesuai dengan pressure nominalnya dan dapat diandalkan untuk penggunaan baik untuk pipa air bersih maupun pipa air buangan di dalam bangunan.

Share This Post :

guest
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Moriah Schimmel
Moriah Schimmel
12 days ago

I’m constantly amazed by the depth of your knowledge on these subjects.

OUR PRODUCTS

SORT BY