Apakah Anda Tahu Kegunaan dari Kelas AW dan D pada Pipa PVC Rucika Wavin?

Rucika Wavin Kelas AW Rucika Wavin kelas D

Penggunaan pipa PVC untuk bangunan rumah tinggal khususnya di Indonesia sangatlah tinggi dan tidak sedikit pula rumah tinggal yang menggunakan pipa PVC untuk keseluruhan sistem plambing dan sistem pipa buangannya. Penggunaan pipa PVC yang sangat tinggi ini juga yang membuat kita sebagai konsumen sangat mudah menemukan pipa PVC di pasaran contohnya seperti pipa PVC terbaik di Indonesia yaitu Rucika Wavin. Kita sebagai konsumen pasti sangat mudah menemukan pipa Rucika Wavin di toko- toko bangunan.

bangunan rumah tinggal

Pipa PVC merupakan pipa dengan bahan dasar resin PVC (Polyvinyl Chloride) yang multi fungsi, pipa jenis ini bisa digunakan untuk mengalirkan air bersih, pipa saluran udara hingga dapat digunakan untuk pipa pembuangan limbah. Tapi apakah anda tahu bahwa pipa PVC yang ada dipasaran memiliki kelas sesuai dengan fungsinya?

Anda pasti sering mendengar kelas pipa PVC yaitu AW dan D, lalu apakah anda tahu kegunaan dari kedua kelas tersebut? Pemberian kelas pada jenis pipa ini memiliki tujuan yang penting dan sangat membantu para konsumen untuk membeli pipa sesuai dengan kebutuhan.

Pada pipa PVC Rucika Wavin Kelas AW ditandai dengan strip biru sepanjang badan pipa digunakan untuk mengalirkan air bertekanan hingga 10 Kg/cm2, selain strip biru ciri- ciri fisik pipa kelas ini adalah dinding yang tebal. Pipa kelas AW dapat digunakan untuk mengalirkan air dari pompa atau untuk air bersih yang diberi tekanan agar dapat terdistribusi dengan baik keseluruh unit plambing di sebuah bangunan.

Lalu bagaimana untuk kelas D? pipa PVC kelas ini digunakan untuk mengalirkan air buangan yang tidak bertekanan contohnya untuk pembuangan air dari wastafel, kitchen sink atau dapur, dari Water Closet dan banyak aplikasi lain yang tidak membutuhkan tekanan untuk mengalirkan air didalam pipa. Pipa PVC Rucika Wavin kelas D ditandai dengan strip merah disepanjang badan pipa dan dinding pipanya lebih tipis dibandingkan dengan kelas AW.

Perbedaan ketebalan dinding ini berfungsi untuk membedakan fungsi dari kedua kelas pipa tersebut, hal ini dimaksudkan agar konsumen bisa tepat dalam memilih pipa sesuai dengan kebutuhanya. Sebagai contoh kita tidak perlu membeli pipa PVC dengan dinding yang tebal (kelas AW) untuk mengalirkan air pembuangan dari dapur karena kita cukup menggunakan kelas D agar tidak overspec ataupun overbudget pada penggunaan pipa PVC di bangunan anda.

Rucika Wavin Kelas AW Rucika Wavin kelas D

Berikan kami pemikiran anda