Asal Usul Lem

Mungkin tidak ada orang yang tidak mengenal lem atau belum menggunakan lem sama sekali. Lem yang sudah biasa digunakan untuk menyambung atau menyatukan berbagai jenis barang, saat ini sudah digunakan untuk pembangunan gedung bertingkat atau perumahan. Apakah anda pernah ingin mengetahui awal mula atau sejarah lem itu sendiri? Bagaimana dulu lem digunakan dan menggunakan bahan apa?

Lem sudah digunakan sejak tahun 4000 SM dimana saat itu masih menggunakan resin dari getah pohon yang buktinya ditemukan pada beberapa patung di kuil Babilonia. Selain itu, manusia juga memanfaatkan bahan yang tersedia untuk membuat lem seperti tanduk, tulang dan beberapa jaringan dari hewan yang mengandung kolagen. Kulit dan tulang ikan menghasilkan perekat bening yang tidak terlihat saat dikeringkan. Hal ini diyakini sebagai awal mula lem pertama yang digunakan untuk beberapa proses fotografi, selain itu ada juga perekat yang terbuat dari tumbuhan. Kemudian lem direferensikan secara tertulis pada sekitar tahun 2000 SM. Temuan penggunaan lem juga terdapat pada sebuah lukisan yang berumur sekitar 5000 tahun. Pada lukisan tersebut, lem diaplikasikan untuk memperkuat dan melindungi lukisan dari kerusakan kelembaban.

Saat perang dunia, beberapa jenis perekat alami ditemukan dan dikenalkan ke populasi umum. Munculnya kimia dan industri modern, membuat para ilmuwan dan ahli kimia dapat memecahkan rahasia plastik, karet dan lem resin sintetis yang kemudian menemukan senyawa baru yang berguna sehingga setelah perang usai, populasi umum dan industri menemukan perekat yang mereka sukai termasuk lem yang tahan air

Lem yang pada awalnya hanya digunakan sebagai alat untuk peralatan sehari-hari di zaman purba, saat ini menjadi salah satu alat yang sangat berguna dan hampir digunakan untuk seluruh kebutuhan, mulai dari merekatkan barang-barang seperti tembikar, peralatan dan senjata yang kemudian dapat digunakan untuk kebutuhan sebuah bangunan seperti merekatkan ubin/lantai mozaik, kaca, diding keramik, atap berbagai jenis kreasi dari kayu bahkan struktur bangunan ribuan tahun lalu masih berdiri dengan kuat, indah dan masih utuh berkat lem jaman kuno.

Saat ini berbagai jenis lem banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dengan berbeda jenis dan fungsinya. Salah satunya adalah lem untuk pipa PVC seperti TRUGlue yang dibuat khusus untuk merekatkan sambungan pipa dan pipa PVC. Dengan daya senyawa yang kuat, lem pipa PVC TRUGlue dikembangkan oleh para ahli untuk menyatukan bahan PVC dengan sempurna. Mengapa dikatakan sempurna? Berbeda dengan lem pipa PVC lainnya yang cepat kering, lem pipa PVC TRUGlue membutuhkan waktu yang lebih pada saat mengaplikasikannya, namun dapat terlihat hasil di kedua produk berbahan PVC sangat rapi, kuat dan tidak terlihat seperti sambungan, tentunya dengan metode dan cara yang sesuai.

lem adhesive pipa pvc TRUGlue

Leave us your thought