Sambungan dan Fitting Pipa uPVC Rucika

RUCIKA Standard JIS memiliki berbagai macam jenis sambungan / fitting yang sangat lengkap dengan lebih dari 300 item produk, dan jenjang produk pipa yang lengkap, sehingga sangat cocok apabila digunakan pada instalasi air bersih, air hujan, air kotor dan pipa ventilasi udara.

Pipa merupakan salah satu komponen penting pada saluran pembuangan air, dan jenis pipa yang kerap digunakan adalah pipa PVC. Pipa PVC sendiri adalah jenis pipa yang menggunakan material polivinil klorida atau semacam plastik. Untuk mendapatkan hasil maksimal ketika fitting atau penyambungan, diperlukan sambungan pipa sesuai dengan ukuran pipa.

Pada saat pemasangan atau instalasi saluran air, Anda membutuhkan sambungan pipa sesuai dengan ukuran pipa PVC yang digunakan. Jumlahnya pun tak sedikit, sehingga Anda perlu memahami macam-macam sambungan pipa PVC berikut ini!

Elbow PVC

Elbow merupakan sambungan pipa yang digunakan untuk menghubungkan dua pipa yang membelok. Elbow PVC terbagi menjadi dua sudut, elbow 45° dan elbow 90°. Untuk jenis penyambungannya sendiri terbagi menjadi elbow biasa dan elbow drat (luar atau dalam).

Socket PVC

Sambungan pipa PVC selanjutnya adalah socket, dan merupakan sambungan pipa PVC yang paling kerap ditemui. Fungsi socket PVC adalah untuk menyambung dua pipa yang memiliki ukuran diameter sama. Berdasarkan jenisnya, socket ini terbagi menjadi socket biasa atau tanpa ulir dan socket drat (luar atau dalam).

Tee Stuck PVC

Sambungan pipa ini lebih dikenal dengan sebutan sambungan T karena bentuknya yang menyerupai huruf T. Fungsi tee stuck adalah menyambungkan tiga pipa yang membentuk siku-siku.

Cross PVC

Jika tee stuck berfungsi untuk menyambungkan tiga pipa, cross PVC berfungsi untuk membagi satu jalur pipa ke tiga arah pipa dengan diameter yang sama. Sehingga cross PVC dapat membagi aliran air ke tiga arah berbeda namun kapasitasnya sama. 

Reducer PVC

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan socket, reducer PVC juga digunakan untuk menyambung dua pipa namun dengan diameter pipa yang berbeda, sehingga reducer PVC dapat membesarkan atau mengecilkan diameter pipa yang akan disambung. Reducer PVC sendiri terbagi menjadi dua, reducer elbow dan reducer socket.

 

Tips Ampuh Membuka Sambungan Pipa yang Keras

Tak jarang Anda merasa kesulitan untuk melepas sambungan pipa yang keras. Berikut ini cara melepaskan sambungan pipa yang patut Anda coba:

Air Mendidih

Rebus air hingga mendidih lalu siapkan wadah anti panas. Agar diameter pipa menjadi lebih besar, Anda dapat merendam pipa kurang lebih selama lima menit lalu tarik sambungan secara perlahan.

Minyak Angin

Siapa sangka minyak angin dapat digunakan untuk melepaskan sambungan pipa. Caranya pun mudah, cukup teteskan minyak angin pada sambungan pipa dan diamkan selama sepuluh menit.

Oli Rem

Cara terakhir adalah dengan menggunakan oli rem. Teteskan oli rem ke kain lap, lalu usapkan ke sambungan pipa yang ingin dilepaskan. Pastikan sambungan pipa telah terbalur oli rem secara merata, lalu tarik perlahan.

Produk

Unduh PDF

Leaflet Rucika Fitting uPVC

Lihat Video

Scroll to Top