Tips Menjaga Saluran Air Buangan & Pemilihan Pipa Yang Tepat

Tips Menjaga Saluran Air Buangan & Pemilihan Pipa Yang Tepat

Dapur pada rumah tinggal bisa jadi salah satu ruangan tersulit untuk dirancang karena memiliki detail-detail yang lebih banyak dibandingkan ruang lain, serta diperlukan berbagai pernak-pernik dan perlengkapan khusus untuk menunjang segala aktivitas di dapur. Salah satunya adalah saluran air buangan.

Saluran air limbah atau dikenal juga dengan saluran air pembuangan, memiliki peranan penting dalam aspek kebersihan di rumah. Umumnya terdapat dua bagian saluran air pada rumah tinggal. Pertama adalah saluran untuk limbah kloset (limbah padat) dan yang kedua merupakan saluran limbah cair (limbah kitchen), seperti air bekas cuci dan mandi yang dialirkan melalui floor drain dan wastafel.

Saluran air yang tersumbat dapat menjadi sumber masalah kebersihan. Bau tidak sedap sering muncul karena saluran limbah cair tidak menggunakan sistem p-trap pada floor drain dan wastafel, sehingga bau tidak sedap sering muncul pada kamar mandi dan bak cuci piring. Genangan air yang muncul akibat saluran air yang rusak juga mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya untuk kesehatan anggota keluarga.

Untuk menghindari hal-hal merugikan yang diakibatkan dari tersumbatnya saluran air buangan, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Identifikasi dini penyebab tersumbatnya saluran air buangan

Terhambatnya laju air di saluran buangan biasanya disebabkan oleh sumbatan dari rambut rontok, ampas sabun dan sampo yang menumpuk pada saluran limbah. Benda-benda yang sulit terurai, seperti tisu dan sisa pembalut sering kali tercecer dan terbuang ke dalam kloset sehingga menyebabkan saluran air kotor menuju septic tank ikut tersumbat.

Mampetnya saluran air buangan bisa dicegah dengan cara tidak membuang sisa sampah makanan pada wastafel, kloset dan floor drain. Sisa makanan sebaiknya dipisah dan dibuang ke tempat sampah.

2. Tidak membuang sampah kedalam saluran air buangan

Sampah cair seperti sisa minyak goreng, kuah kaldu dan santan bisa disaring terlebih dahulu sebelum dibuang ke saluran air atau dengan menggunakan Grease Trap (Perangkap Lemak) yang berfungsi membantu untuk memisahkan minyak dari air, sehingga minyak tidak menggumpal dan membeku didalam pipa pembuangan dan membuat saluran air buangan tersumbat.

Sedangkan pada wastafel, sisa makanan dan minyak menjadi penyebab utama tersendatnya aliran air buangan. Minyak yang menempel di bagian dalam pipa saluran air dapat mengeras sehingga menghambat laju aliran air buangan.

3. Membersihkan lubang saluran secara rutin

Tersumbatnya pipa saluran air buangan karena sisa makanan dan sampah padat lainnya terkadang tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu lakukan pembersihan ujung pipa saluran minimal satu kali dalam seminggu.

Manfaatkan fungsi P-Trap dan Grease Trap yang dipasang pada bagian bawah wastafel atau bak cuci piring sebagai pencegah dini terjadinya sumbatan pada saluran air buangan.

Tersumbatnya saluran air buangan juga bisa disebabkan oleh pipa saluran yang digunakan. Pilihlah jenis pipa air buangan yang sesuai dengan fungsinya. Dalam memenuhi kebutuhan sistem perpipaan yang baik dan tepat, Rucika hadir lebih dari 45 tahun mendukung proyek-proyek sektor residensial khususnya rumah tinggal yang membutuhkan sistem perpipaan yang berkualitas.

Demi mendukung akan kebutuhan sistem pipa yang berkualitas Rucika menghadirkan Pipa Rucika PP3. Rucika PP3 merupakan pipa air limbah dengan karakteristik material khusus sehingga mampu menahan air buangan panas dan dapat meredam suara. Permukaan dalam yang licin sehingga meminimalkan terjadinya deposit/endapan material di dalam pipa.

Pipa Rucika PP3 terdiri dari 3 layer dan sistem sambungan sebagai berikut :

1.    External layer

Dibuat dari grey polypropylene, menjamin perlindungan mekanik yang sangat baik

2.    Intermediate layer

Dibuat dari campuran polypropylene dan mineral loads yang menawarkan ketahanan mekanis yang signifikan pada suhu rendah, juga sebagai peredam kebisingan (noise absorption)

3.    Internal layer

Dibuat dari white polypropylene dengan permukaan yang licin, tahan terhadap bahan kimia dan abrasi. Warna putih pada bagian dalam pipa untuk kemudahan saat video inspeksi

4.    Push-fit socket with lip seal

Pada bagian ujung pipa yang menjamin bebas kebocoran dan gerakan bebas pada pipa meskipun dari pengaruh pemuaian.

Pipa Rucika PP3 memiliki keunggulan dan manfaat sebagai berikut :

1. Ringan dan mudah dalam instalasi

menggunakan sambungan push-fit sehingga memudahkan instalasi tanpa alat khusus.

2. Peredam suara yang baik

Meredam suara sampai 17dB (A) dengan flow rate 2 l/s sesuai standard EN 14366 (certificate P-BA 92/2014)

3. Permukaan dalam yang licin

Meminimalkan terjadinya penumpukan lemak dan sedimentasi, nilai kekasaran permukaan dalam pipa (surface roughness) 0,007mm

4. Tahan terhadap bahan kimia

Memiliki ketahanan terhadap bahan kimia yang tinggi pH2-12

Dari beberapa keunggulan dan manfaat di atas pipa Rucika PP3 dapat dengan mudah disambungkan ke sistem air buangan lain menggunakan transition fitting. Pipa Rucika PP3 juga ramah lingkungan karena berbasis green label prinsip dengan menggunakan material yang dapat didaur ulang. Selain itu pipa Rucika PP3 juga sebagai pengganti pipa stainless steel yang tahan terhadap suhu tinggi maksimal 80°C (terus menerus) & 95°C (sesaat) dan memiliki nilai koefisien muai panjang 0,11 mm/m°C. Sehingga pipa Rucika PP3 sangat cocok untuk digunakan pada air buangan kitchen, proyek-proyek sektor residensial khususnya rumah tinggal yang membutuhkan sistem perpipaan yang berkualitas.

~JDW~

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top