Mengenal Perbedaan Antara Pipa PVC Standard dan Pipa PVC JIS

Rucika Standard Rucika JIS

Rucika selaku produsen pipa telah banyak memproduksi pipa berdasarkan kegunaannya dan telah di distribusikan ke banyak daerah yang biasa di aplikasikan oleh masyarakat untuk rumah tinggal yaitu Pipa Rucika Standard dan Pipa Rucika JIS. Masyarakat pada umumnya pun juga banyak yang menanyakan perbedaan dari kedua jenis pipa tersebut. Selain perbedaan yang mencolok yaitu warna pipa yang putih dan abu-abu, terdapat perbedaan lainnya yang perlu diketahui sehingga tepat saat mengaplikasikannya. Yuk mengenal perbedaan antara Pipa Rucika Standard dan Pipa Rucika JIS:

1. Standarisasi Pipa

Pipa Rucika Standard atau yang biasa masyakarat ketahui adalah pipa putih, dimana pipa Rucika Standard tersebut diproduksi berdasarkan standard pasaran. Standard pasaran merupakan standard pipa yang telah banyak beredar di masyarakat umum dan tidak diatur oleh standard manapun. Sedangkan untuk pipa Rucika JIS atau yang diketahui oleh masyarakat umum pipa abu-abu, diproduksi dengan mengacu pada standard Jepang (Japanese Industrial Standard), dimana berpengaruh pada ketebalan pipa tersebut.

2. Ketebalan Pipa

Ketebalan pipa Rucika Standard tidak diatur oleh standard akan tetapi pada diameter luarnya harus disesuaikan dengan fitting – fitting yang telah beredar dipasaran. Pipa Rucika Standard AW (untuk air bersih) pada ukuran 4” (114 mm) memiliki ketebalan dinding 4,10 mm sedangkan pada Pipa Rucika JIS VP (untuk air bersih) pada ukuran 4” (114 mm) memiliki ketebalan 6,60 mm. Ketebalan dinding pada pipa Rucika JIS dipengaruhi oleh safety factor yang lebih tinggi dimana pada standard Jepang tersebut mengantisipasi terjadinya bencana alam yang sering terjadi di Jepang.

Berdasarkan perbedaan – perbedaan tersebut yang telah di jabarkan diatas, maka masyarakat umum dapat menentukan pilihan pipa air yang cocok untuk digunakaan pada rumah tinggal masing – masing ataupun gedung bertingkat.

hag

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

  • There are no post to show.
Load More

  • There are no post to show.

TERBARU

Scroll to Top