23 Januari 2017,

ECliST

Jenis Pipa Air uPVC Untuk Instalasi Air Bertekanan & Limbah

Sebaiknya menggunakan jenis pipa uPVC yang mana untuk saluran air bersih atau pembuangan limbah? Apalagi ada beberapa jenis pipa air uPVC.  Sistem saluran dan pembuangan sebaiknya menggunakan jenis pipa yang berbeda. Selain karena menyesuaikan ukuran, daya tahan dan material antar jenisnya juga cukup berbeda.

Dalam pembahasan ini, kita akan mempelajari apa saja jenis pipa air bersih dan jenis pipa pembuangan limbah serta penggunaannya. Termasuk rekomendasi produk yang tepat untuk Sahabat Rucika

Penuhi Kebutuhan Instalasi Air di Rumah dengan Pipa uPVC

 

Hampir di setiap rumah terdapat pipa uPVC untuk saluran pengairan. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, ketahanan pipa uPVC juga tidak bisa kita anggap sepele.

Pipa uPVC adalah jenis pipa yang menggunakan material polivinil klorida, salah satu material yang tangguh. Material polivinil klorida memiliki berbagai fungsi menarik yang membuat pipa uPVC punya kualitas jempolan. Keunggulan dari material polivinil klorida yaitu:

  1. Kuat dan tidak mudah pecah
  2. Anti karat
  3. Tahan kontaminasi bahan kimia (limbah rumah tangga)

Oleh karena itu, bahan ini cukup efektif untuk pembuatan pipa uPVC sebagai instalasi air dan pembuangan limbah.

Jenis Pipa uPVC

Brand besar pipa berkualitas dunia, seperti Rucika memiliki berbagai jenis pipa uPVC yang dapat ditemukan di toko bangunan terdekat. Dua jenis produk pipa uPVC yang sering digunakan yaitu pipa uPVC Rucika Standard dan pipa Rucika JIS.

Pipa uPVC Rucika Standard berwarna putih dan menggunakan standarisasi dari Rucika yang mengacu pada Japanese Industrial Standard untuk diameter luar. Dementara Rucika JIS berwarna abu-abu dan mengacu standarisasi Japanese Industrial Standard.

Baik Rucika Standard maupun Rucika JIS tidak memiliki perbedaan signifikan, terutama dari masing-masing tipe baik AW dan D. Kedua tipe pipa uPVC tersebut bisa Sahabat Rucika sesuaikan dengan kebutuhan instalasi air di rumah.

Pertanyaannya, apakah saluran air bersih dan limbah bisa menggunakan jenis pipa uPVC yang sama? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Mengapa demikian?

Uraian jenis pipa air limbah dan air bersih bertekanan dari uPVC berikut mungkin bisa membantu Anda untuk memahaminya.

Pipa uPVC Kelas AW/VP

Pipa uPVC jenis AW memiliki daya tahan tekanan yang tinggi mencapai maksimum 10 bar. Jenis pipa AW biasa dipakai untuk saluran air bersih bertekanan, tetapi bila perlu Anda bisa menggunakannya untuk pembuangan air limbah.

Karena bahan dasar uPVC itu sendiri tahan pada cairan kimia, otomatis pipa ini juga tahan pada cairan kimia termasuk sprinkler. Bahkan, pipa uPVC ini bisa Sahabat Rucika gunakan untuk ventilasi gedung.

Pipa uPVC Kelas D/VU

Pipa jenis ini diproduksi khusus untuk pipa air limbah tanpa tekanan. Oleh karena itu, pipa jenis ini kurang tepat untuk instalasi air bersih. Pipa ini juga lebih sesuai jika Anda menggunakannya sebagai pipa pembuangan untuk:

  1. Instalasi air kotor bangunan,
  2. Instalasi air kotor di rumah,
  3. Saluran pembuangan kota closed channel

 4 Ukuran Pipa uPVC tipe D untuk Air Limbah di Rumah

Dari dua jenis pipa yang sudah kita bahas sebelumnya, jenis pipa air uPVC D jadi salah satu opsi terbaik. Pipa jenis ini memiliki berbagai tipe ukuran yang bisa Sahabat  Rucika sesuaikan dengan kebutuhan.

uPVC D Diameter 4”

Perlu pipa untuk mengalirkan air buangan dari kamar mandi atau drainase air hujan? Pipa uPVC D dengan diameter 4” adalah pilihan yang tepat. Pipa uPVC ini biasa digunakan untuk kebutuhan mengalirkan air buangan dari kamar mandi atau drainase air hujan.

uPVC D Diameter 3”

Jika Sahabat Rucika merasa ukuran diameter 4” terlalu besar, Sahabat bisa menggunakan pipa dengan diameter 3” untuk pemasangan pipa vertikal guna mengalirkan air hujan dari talang.

Kombinasi uPVC D Diameter 3” dan 4”

Untuk kebutuhan mengalirkan air limbah toilet, kombinasi diameter 3” dan 4” juga bisa Anda pilih. Sahabat Rucika bisa menggunakan jenis pipa air limbah uPVC tipe D berdiameter 4” untuk saluran dari kloset ke septic tank.

Jika Sahabat memiliki rencana untuk menanam pipa di dinding karena punya dua lantai, maka bisa menggunakan Pipa uPVC Tipe D berdiameter 3”. Nantinya, pipa ini digunakan untuk saluran vertikalnya.

uPVC Tipe D Diameter 2”

Untuk kebutuhan dapur seperti wastafel dan kitchen, ukuran diameter 3” rasanya sudah terlalu besar. Maka dari itu, Sahabat bisa menggunakan pipa uPVC D diameter 2”. Ukuran ini lebih pas daripada diameter 3”.

Harga Pipa Air uPVC Rucika Standard dan Rucika JIS

Pipa pvc Rucika Standard maupun Rucika JIS yang kami rekomendasikan adalah jenis uPVC dengan diameter mulai dari 2” hingga 4”. Mengapa demikian?

Selain memiliki harga yang terjangkau, ukuran pipa ini juga cocok untuk berbagai kebutuhan pengairan. Material pembuatan pipa uPVC juga sudah memenuhi standar dan tahan lama.

Dengan begitu, Sahabat Rucika tidak akan mengalami kesulitan dalam proses instalasi. Sahabat Rucika hanya perlu memahami di mana saja peletakan pipa secara tepat untuk hasil instalasi perpipaan di rumah yang optimal.

Di tabel berikut, kami menyertakan informasi harga untuk pipa uPVC dari Rucika sesuai ukuran, diameter, dan ketebalannya. Baik untuk pipa uPVC Rucika Standard maupun pipa uPVC Rucika JIS.

Note : harga pada tabel adalah harga 9 agustus 2022, untuk update harga terbaru bisa cek disini pipa pvc

Keunggulan Pipa uPVC untuk Instalasi Air dan Limbah

Selain terdiri dari berbagai varian yang akan menyesuaikan kebutuhan Anda, pipa uPVC sendiri juga memiliki berbagai keunggulan. Beberapa kelebihan pipa uPVC Rucika meliputi:

Aman Bagi Kesehatan

Pipa uPVC milik Rucika menggunakan stabilizer Calcium Zinc, sehingga aman untuk mengalirkan air minum.

Proses Instalasi Mudah

Penggunaan material yang ringan membuat Sahabat Rucika lebih mudah untuk melakukan instalasi. Merk pipa air ternama seperti Rucika juga menyediakan puluhan aksesoris pendukung yang akan mempermudah Sahabat dalam proses pemasangan pipa uPVC.

Tahan Lama Hingga Puluhan Tahun

Rucika menyesuaikan material pipa sesuai dengan daerah iklim tropis seperti Indonesia yang mana kondisinya lebih lembab. Jika sesuai rekomendasi Rucika, pemakaian pipa uPVC bisa bertahan hingga 50 tahun.

Harga Relatif Terjangkau

Berbeda dari material lain, proses pembuatan dan pencarian bahan baku pipa uPVC cenderung lebih mudah. Ini bisa membantu menekan biaya produksi dan akhirnya membuat harga di pasaran juga lebih terjangkau.

Kualitas Jempolan

Untuk mendukung instalasi air, terutama air bersih bertekanan dan limbah, maka perlu pipa yang memiliki daya tahan tinggi. Memang banyak bahan pipa lain yang lebih unggul, tapi kualitas pipa uPVC Rucika lebih jempolan dengan bahan polivinil klorida yang terkenal akan ketahanannya.

Penggunaan material ini membuat pipa uPVC tidak mudah retak karena adanya defleksi besar. Selain itu, material pipa yang ringan juga akan berpengaruh terhadap keawetan pipa.

Kesimpulan

Ada dua jenis pipa uPVC dari Rucika Standard dan Rucika JIS. Kedua jenis pipa air ini punya ketahanan berbeda yang bisa Sahabat Rucika sesuaikan untuk kebutuhan instalasi air. Pastikan untuk memilih dengan tepat, karena setiap jenis pipa air uPVC memiliki kekuatan yang berbeda.

Share This Post :

guest
6 Comments
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Bablofil
Bablofil
5 years ago

Thanks, great article.

gate 2017 cutoff
gate 2017 cutoff
5 years ago

hi!,I love your writing so much! proportion we communicate
more approximately your article on AOL? I require a specialist on this house to unravel my problem.
Maybe that’s you! Taking a look forward to peer you.

Indra
Indra
5 years ago

Mau tanya, kalau pipa dari mesin pompa air hingga ke kran pakai ukuran yg berapa inch idealnya?? Trims

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS