Web
Analytics Made Easy - StatCounter
5 Tempat Di Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan

5 Tempat Di Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan

Kita memiliki standar masing-masing saat harus bersih-bersih ruangan dirumah, terutama saat membersihkan dapur. Setelah melakukan berbagai kegiatan di dapur, sudah tentu ada kebiasaan untuk merapikan dan membersihkannya, baik itu dilakukan dengan sangat cermat seperti menggosok bagian-bagian yang kotor ataupun hanya sekedar mengelap saja dengan cepat. Bagaimanapun cara yang anda lakukan, ada beberapa area yang memiliki kecenderungan lebih banyak kotoran dibanding area lainnya yang terkadang terlupakan. Berikut adalah 5 tempat paling kotor di dapur anda yang sering lupa dibersihkan dan perlu mendapat perhatian untuk dibersihkan secara rutin dengan mudah

  1. Meja

meja dapur atau meja makan

Baik itu meja dapur atau meja makan, tempat inilah yang sering kotor karena merupakan tempat utama untuk meletakkan barang setiap hari. Tempat menyiapkan makanan, tempat untuk meletakkan barang – barang belanja, tas, bahkan kunci mobil atau handphone terkadang sering kita letakkan begitu saja di meja.

Bagaimana cara menanggulanginya, semprot meja anda dengan pembersih serbaguna dan mengelapnya sekali atau dua kali seminggu akan menjamin permukaan meja jauh lebih bersih dan bebas dari bakteri

  1. Spons dan Sikat Pembersih

2. Spons dan Sikat Pembersih

Berbicara mengenai spons atau sikat pembersih yang merupakan alat pembersih rutin untuk berbagai peralatan dapur, juga memiliki banyak kotoran dan harus dibersihkan.

Lalu bagaimana membersihkan spons yang sering kita gunakan?

Jika anda memiliki mesin pencuci piring, masukkan spons ke dalam nya saat membilas. Selain piring dan perlatan anda bersih dan bebas kotoran, spons yang biasa digunakan pun juga kembali bersih dan kuman pun berkurang. Namun jika anda tidak memiliki mesin cuci piring, membersihkan spons juga dapat dilakukan dengan menghindari meletakkannya di tempat yang basah agar bakteri tidak mudah berkembang biak. Keringkan secepatnya dengan meletakkan spons dibawah terik sinar matahari

  1. Laci Lemari Pendingin (Kulkas)

3. Laci Lemari Pendingin (Kulkas)

Laci atau pembatas kulkas adalah salah satu tempat yang dapat meninggalkan bekas makanan. Jika anda tidak berhati-hati, meninggalkan makanan yang sudah kadaluarsa dalam keadaan yang lama dapat mengumpulkan berbagai macam bakteri.

Bagaimana menanggulanginya, pastikan anda memisahkan letak daging dari buah – buahan dan sayuran. Sesekali bersihkan laci atau pembatas kulkas dengan membilasnya dengan deterjen yang lembut dan air hangat. Hal ini akan membantu membersihkan semua kuman yang mengintai untuk selamanya.

  1. Kenop Kompor dan Saklar Lampu

4. Kenop Kompor dan Saklar Lampu

Kenop kompor dan saklar lampu sering anda pegang dan gunakan setiap hari. Kapan terakhir anda membersihkan 2 area ini? jarang bukan?

Untuk 2 area ini, anda dapat membersihkannya dengan membasuh kain lap dengan air atau gunakan tisu basah untuk seka kenop kompor dan saklar lampu sebagai bagian dari rutinitas pembersihan rutin Anda. Anda tidak akan menyesal membersihkannya!

  1. Wastafel

Ini merupakan tempat yang cenderung memiliki banyak kuman karena merupakan tempat untuk menuang sisa makanan ataupun minuman, sehingga sangat penting untuk dibersihkan secara rutin.

Bagaimana cara membersihkannya, hindari menggunakan spons berhari-hari untuk mengelap wastafel anda karena hal ini justru akan dapat menyebar kuman lebih banyak. Gunakan spons atau kain bersih dengan sedikit cairan pembersih kuman untuk mengelap wastafel anda!

Selain cara membersihkan wastafel diatas, anda juga dapat lakukan 4 cara lainnya disini tentunya, untuk saluran air pada wastafel anda, agar bebas dari karat dan korosi, gunakan material berbahan PVC seperti Rucika Standard kelas AW untuk air bersih bertekanan dan kelas D untuk air buangan yang terbukti kekuatan dan kualitasnya sejak lebih dari 40 tahun yang lalu.

pipa Rucika AW dan D

Leave us your thought