9 Hal Terlarang dalam Proses Penyambungan Pipa

9 Hal Terlarang dalam Proses Penyambungan Pipa

Proses penyambungan pipa yang tepat akan berpengaruh terhadap kekuatan pipa dan keberhasilan instalasi pipa secara keseluruhan. Agar proses penyambungan pipa sempurna, ada sembilan hal yang sebaiknya tidak dilakukan.

1. Bekerja dalam kondisi panas atau berangin.

Hindari temperatur tinggi dan kondisi berangin pada proses pengeringan solvent cement. Pada cuaca panas atau berangin, pengeringan solvent cement meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan kondisi normal. Jika terpaksa melakukan penyambungan pada kondisi tersebut, proses penyambungan harus dilakukan dengan cepat.

2. Mengamplas pipa yang akan disambung.

Mengamplas pipa akan mengakibatkan permukaan pipa menjadi tidak rata, sehingga proses persenyawaan antar material terhambat.

3. Menggunakan lem terlalu banyak.

Sifat solvent cement adalah melunakkan PVC. Jika lem digunakan terlalu banyak akan membuat permukaan pipa terkikis, sehingga mengakibatkan pelemahan di bagian dinding pipa. Begitu juga dengan penambahan solvent cement di bagian luar sambungan setelah pipa tersambung tidak diperbolehkan

4. Mengoleskan lem terlalu sedikit.

Terlalu banyak lem tidak baik. Begitu juga jika lem yang dioleskan di pipa terlalu sedikit. Terlalu sedikit solvent cement akan melemahkan kekuatan sambungan.

5. Bekerja tanpa alat pelindung diri.

Alat pelindung diri wajib digunakan, yaitu masker dan kacamata. Mengapa? Sebab, uap solvent cement beracun dan membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan mata. Selain itu, jauhkan lem dari api yang menyala, atau alat elektronik yang tidak anti api karena solvent cement mudah terbakar.

6. Menggunakan lem yang telah lama disimpan.

Jangan gunakan lem yang telah berusia 12 bulan. Solvent cement yang usang akan menurunkan kemampuan persenyawaan.

7. Pada proses penyambungan pipa/fitting tidak boleh diputar

8. Jangan gerakkan dan pindahkan pipa yang telah disambung selama waktu yang ditentukan (Dapat dilihat di tabel set time RUGlue pada leaflet)

9. Jangan dialirkan air atau memberi tekanan kerja pada waktu yang ditentukan (Dapat dilihat di tabel waktu pengeringan RUGlue pada leaflet)

Untuk memastikan proses penyambungan pipa dilakukan dengan baik, selalu gunakan solvent cement  pipa dan fitting PVC dari Rucika, RuGlue. Formula dan teknologi terkini dalam proses produksi RUGlue menjadikannya unggul dibandingkan lem pipa PVC lainnya.

RUGlue adalah solvent cement yang memiliki daya persenyawaan sangat baik untuk pipa dan fitting  uPVC. Dengan proses solvent welding membuat pipa dan fitting yang disambungkan dengan RUGlue membentuk senyawa sempurna. Hasilnya, RUGlue merekatkan pipa dan fitting dengan sempurna.

Lem pipa dan sambungan (fitting) RUGlue dapat digunakan untuk mensenyawakan (solvent cement) pipa dan sambungan (fitting) PVC untuk kebutuhan rumah tangga maupun proyek-proyek besar.

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top