15 November 2021,

ECliST

Pentingnya Air Bagi Beberapa Aspek Kehidupan Manusia

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari yang sangat makhluk hidup perlukan di dunia ini. Tiga per empat bagian tubuh kita bahkan terbuat dari air dan tidak ada yang bisa bertahan lebih dari 4-5 hari tanpa minum air.

Rata-rata volume air yang ada di dalam tubuh manusia mencapai 65% dari total berat badannya. Setiap bagian tubuh, akan memiliki persentase kandungan air yang berbeda yang meliputi:

  • Darah 83%
  • Ginjal 82,7%
  • Otot 75,6%
  • Otak 74,5%
  • Tulang 22%

Air tidak hanya bermanfaat bagi manusia tetapi juga bagi hewan dan tumbuhan. Tidak mungkin hidup di dunia ini tanpa air karena semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Namun, tak hanya itu saja, air juga memiliki peran yang penting bagi berbagai aspek kehidupan.

Fungsi dan Peran Air Bagi Kehidupan

Manfaat air bagi tubuh manusia memang tidak bisa dipungkiri. Minum banyak air putih dapat memberikan manfaat sebagaimana berikut:

  • Meningkatkan metabolisme dan membantu pencernaan
  • Terpenuhinya kebutuhan cairan dalam tubuh
  • Badan menjadi lebih segar
  • Kecantikan kulit terjaga
  • Menunjang berbagai fungsi dalam tubuh agar dapat berjalan seimbang.

Sebuah studi lanjutan dari University of Utah, salah satu universitas terbaik di dunia baru-baru ini secara langsung menunjukkan bahwa kekurangan air dapat membuat metabolisme tubuh menurun

Namun, tak hanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh, air juga berperan penting untuk keperluan industri, seperti peternakan, pertanian, maupun perkebunan. Selain itu, tempat hiburan, hotel, restoran, transportasi dan berbagai keperluan lain juga membutuhkan air.

Secara lebih lengkap, berikut adalah peran dan fungsi air untuk beberapa aspek kehidupan.

Keperluan Umum

Beberapa keperluan umum seperti pengangkutan air limbah, kebersihan pasar dan jalan, tempat rekreasi, hiasan kota, dan lainnya juga membutuhkan air.

Keperluan Rumah Tangga

Air dapat digunakan untuk membantu pekerjaan rumah sehari-hari, seperti mencuci, memasak, dan membersihkan rumah. Selain itu juga bisa untuk mandi, minum, dan beberapa pekerjaan rumah lainnya.

Keperluan Industri

Untuk keperluan industri, air memiliki peran yang besar untuk pembangkit tenaga listrik, pabrik, dan lain sebagainya.

Keperluan Perdagangan

Mulai dari hotel, restoran, UMKM, maupun toko-toko besar juga tak lepas dari peran air dalam meningkatkan perdagangan dan memperlancar ekonomi.

Nah, karena air memiliki peran yang penting dalam kehidupan, penting bagi kita untuk selalu melestarikan dan menjaga kualitas air melalui pengelolaan yang baik. Salah satu caranya yaitu dengan memilih pipa yang tepat untuk pendistribusian air.

Anda bisa gunakan pipa RUCIKA Standard dari PT Wahana Duta Jaya Rucika, produsen pipa terbesar di Indonesia yang sudah hadir selama lebih dari 45 tahun.

RUCIKA Standard, Solusi Kebutuhan Instalasi Air di Rumah

RUCIKA Standard merupakan pipa PVC untuk menghubungkan sistem perpipaan air limbah dan air bersih bertekanan. Pipa ini terbuat dari bahan polimer PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki banyak kelebihan daripada material polimer lain.

Beberapa kelebihan dari material uPVC di antaranya yaitu:

  • Memiliki ketahanan terhadap korosi
  • Bebas timbal karena mengandung Calcium Zinc
  • Kuat dan awet hingga 50 tahun jika penggunaannya sesuai rekomendasi Rucika
  • Sambungan ringan dan lentur, sehingga pemasangan lebih mudah
  • Perawatan mudah
  • Ramah lingkungan dan bisa didaur ulang
  • Harga relatif terjangkau

Produksi RUCIKA Standard sesuai dengan standar JIS (Japanese Industrial Standard) dan ISO yang disertifikasi oleh sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dan telah mendapatkan sertifikat drinking water berdasarkan Permenkes 492.

Pipa PVC Rucika, Solusi Instalasi Air 

Produsen pipa terkemuka seperti Rucika memiliki dua varian pipa PVC keluaran terbaik, yaitu pipa PVC RUCIKA Standard kelas D dan AW. Sahabat Rucika dapat menyesuaikan setiap variannya sesuai dengan kebutuhan.

Pipa PVC RUCIKA Srandard kelas D digunakan untuk saluran limbah atau pembuangan. Pipa jenis ini terdiri dari 11 macam ukuran dengan ukuran diameter terkecil yaitu DN 35 mm (1 ¼ inch) dan ukuran diameter terbesar yaitu DN 300 mm (12 inch).

Sementara untuk air bertekanan dengan tekanan kerja 10 kg/cm2, Sahabat Rucika dapat menggunakan pipa PVC RUCIKA Standard kelas AW. Jenis pipa ini memiliki 14 ukuran mulai dari DN 16 mm (½ inch) hingga DN 300 mm (12 inch).

Adapun harga untuk setiap varian dan ukurannya dapat Sahabat Rucika lihat secara lengkap pada daftar berikut ini.

*update harga oktober 2022, untuk mendapatkan harga terbaru dapat mengunjungi halaman produk berikut : pipa pvc dan lem pipa

Harga yang tertera untuk produk pipa PVC di atas sudah termasuk pajak PPN 11%, sehingga Sahabat Rucika tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Dari data tersebut, terlihat ada kode atau tanda dua bintang (**) dan tiga bintang (***). Pada produk yang bertanda dua bintang (**) berarti merupakan jenis pipa AW/VP yang memiliki ketahanan maksimum 10 bar.

Sementara pada produk yang bertanda tiga bintang (***), ini merupakan tanda untuk jenis pipa D/VU yang cocok untuk pembuangan limbah. Pipa jenis ini dirancang untuk mengalirkan air buangan tanpa tekanan.

Dalam tabel tersebut juga terlihat jika harga pipa PVC AW cenderung lebih tinggi daripada tipe D karena ketebalannya yang berbeda di mana lebih tebal pipa tipe AW daripada tipe D.

Kesimpulan

Mengingat peran air sangat penting dalam kehidupan, sudah sepatutnya kita melestarikan dan menjaga kualitas air melalui pengelolaan yang baik. Salah satu caranya yaitu dengan memilih pipa yang tepat untuk pendistribusian air dari Rucika.

Pipa RUCIKA Standard dengan material PVC merupakan salah satu solusi terbaik untuk kebutuhan instalasi air, baik untuk air bersih maupun air limbah. PVC memiliki kualitas yang baik dengan harga yang masih relatif terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera maksimalkan instalasi pengairan di rumah dengan pipa PVC berkualitas dari Rucika. Sahabat Rucika bisa memilih ukuran dan harga pipa PVC sesuai dengan kebutuhan.

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS