Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Alat Potong Pipa Plastik

Alat Potong Pipa Plastik

ALAT POTONG PIPA PLASTIK

Pemotongan pipa adalah hal yang pasti dilakukan dalam pekerjaan plambing dan alat yang digunakan untuk memotong pipa haruslah yang seusai dengan jenis pipanya. Alat potong yang paling lumrah digunakan adalah gergaji namun, tidak semua jenis gergaji bisa digunakan untuk memotong pipa plastik karena akan mempengaruhi hasil potongan. Jika hasil potongan pipa tidak baik maka akan berpengaruh pada kualitas dari sambungan pipa tersebut.

Gergaji kayu dengan mata gergaji yang besar tidak dapat digunakan untuk memotong pipa plastik karena akan mengakibatkan hasil potongan yang kasar dan pekerjaan pemotongan pun akan sulit dilakukan. Gergaji yang sesuai untuk memotong pipa plastik adalah gergaji dengan mata gergaji yang kecil, rapat dan tajam. Penggunaan jenis gergaji yang tepat akan menghasilkan potongan pipa yang halus dan rapi.

Gergaji kayu dengan mata gergaji yang besar Jenis- jenis gergaji tangan

Selain gergaji, alat potong pipa yang selanjutnya adalah pipe cutter. Jenis alat potong khusus pipa ini ada beberapa tipe dengan mekanisme yang berbeda yaitu model gunting dan yang diputar dengan pisau berbentuk cakram. Menggunakan alat potong khusus pipa akan menghasilkan potongan pipa yang sangat presisi dan tanpa serbuk- serbuk sisa potongan.

pipe cutterPipe Cutter Model Gunting
Pipe cutter putar
Pipe Cutter Putar

Pekerjaan pemotongan pipa juga bisa dilakukan dengan mesin potong seperti jigsaw dan gerinda tangan. Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin potong ini adalah keamanannya.
Gerinda tanganGerinda Tangan

Pekerja harus menggunakan sarung tangan dan kaca mata safety selama melakukan pekerjaan dengan mesin potong. Selain itu mesin potong juga harus dilengkapi dengan aksesoris pengaman agar pekerjaan pemotongan pipa tetap aman dan terhindar dari kecelakaan kerja. Spesifikasi mesin potong seperti ukurannya, kekuatan mesin dan mata pemotong juga harus sesuai dengan ukuran pipa plastik yang akan dipotong. Sebagai contoh kita tidak perlu menggunakan mesin potong berukuran besar dan berkekuatan besar untuk memotong pipa diameter kecil atau sebaliknya jika ingin memotong pipa plastik diameter besar harus menggunakan mesin potong yang besar dengan mesin yang kuat.

Comments

  1. Nila says:

    memangnya setiap jenis pipa punya alat potong masing masing yang berbeda ya?

Leave us your thought