18 Juni 2024,

subastian.wibowo@breefstudio.com

Cara Efektif Pemeliharaan dan Perawatan Pipa PVC Untuk Umur Panjang

Sebagai salah satu jenis pipa, PVC menjadi bahan konstruksi dominan selama beberapa dekade terakhir. Apalagi jika mengingat efisiensi biaya, ukuran yang beragam, sampai reputasi ketahanan Pipa PVC yang mendukung penerimaannya di pasar konstruksi secara luas. 

Namun, terdapat beberapa faktor dan mekanisme yang berpengaruh terhadap umur pipa PVC. Termasuk beberapa penyebab utama yang membuat Pipa PVC mudah mengalami kerusakan. 

Artikel ini akan mengulas secara lengkap bagaimana upaya untuk merawat pipa PVC agar bisa bertahan lama. Namun sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu keunggulan pipa PVC.

Keunggulan Pipa PVC

Secara umum, Pipa PVC dapat diaplikasikan untuk:

  • Saluran air,
  • Irigasi,
  • Instalasi Industri,
  • Saluran Pembuangan limbah, 
  • Selokan,

Melihat penggunaan PVC yang variatif, membuktikan PVC punya keunggulan. Berikut beberapa keunggulan dari pipa PVC:

  • Pipa PVC cenderung lebih ringan.
  • Pipa PVC cenderung lebih kuat dan lebih tahan terhadap korosi bahan kimia.
  • Tersedia dalam berbagai variasi ukuran (½ inch – 12 inch). 
  • Efisiensi budget pemasangan, transportasi, dan penanganan.
  • Elastisitas yang lebih baik. 
  • Permukaan dalam pipa lebih halus, yang membantu memperlancar laju aliran.

Secara umum, pipa PVC memang memiliki karakteristik yang kuat. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan pipa PVC.

Mekanisme dan Faktor yang Berpengaruh Pada Ketahanan Umur PVC

1. Produksi (Cara Pembuatannya)

Polimerisasi Suspensi atau proses pembuatan pipa PVC sangat berpengaruh pada umur dan ketahanan Pipa PVC. Seberapa baik bahan pembuatan PVC tercampur. Termasuk komposisi Plasticizer untuk kelenturan PVC. 

2. Instalasi (Cara Pemasangan)

Proses instalasi Pipa PVC memiliki andil dalam menentukan umur pipa. Kesalahan –  kesalahan instalasi dapat menimbulkan kerusakan pada pipa. 

3. Operasi (Penggunaan dalam Keseharian)

Meskipun PVC populer memiliki ketahanan yang baik dari segi usia, penting untuk memahami bahwa sifat mekaniknya dapat mengalami perubahan seiring waktu. 

Saat pipa mendapatkan tekanan berlebih, potensi kerusakan mikrostruktur atau keretakan pada struktur mikro PVC akan semakin besar. Semakin lama pipa mendapatkan tekanan berlebih, semakin besar kerusakan PVC berkembang. 

Termasuk potensi deformasi material, atau perubahan struktur internal material PVC. Semakin lama pipa PVC menampung tekanan melebihi batas desainnya, Potensi deformasi struktur akan semakin besar. 

Bagaimana Cara Merawat Pipa Plastik PVC?

Dengan berbagai informasi tersebut, kita dapat menarik kesimpulan jika pipa PVC memang memiliki ketahanan yang lebih baik. Meski demikian, perawatan dan pemeliharaan tetap harus kita lakukan sebagai upaya untuk membuat Pipa PVC lebih tahan lama. 

1. Lakukan Inspeksi Secara Berkala

Sebagai salah satu tahapan untuk merawat Pipa PVC, kita dapat melakukan inspeksi pada instalasi air secara berkala. Inspeksi tersebut berfokus pada deteksi keretakan, kebocoran, hingga berbagai kerusakan lain pada pipa PVC. 

Selain pada pipa, tindakan inspeksi juga sebaiknya kita lakukan pada setiap sambungan pipa, agar dapat meminimalisir terjadinya kebocoran sambungan pada pipa PVC. 

2. Meminimalisir Paparan PVC pada Suhu Ekstrim

Kerusakan pada pipa PVC bisa semakin cepat timbul akibat paparan suhu ekstrim, apalagi dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, pemasangan awal pipa PVC sebaiknya sudah melalui proses pemeriksaan lingkungan dan memastikan tidak ada sumber panas di sekitar pipa. 

Ini juga berlaku untuk instalasi outdoor, hindari pemasangan pipa PVC di area yang terpapar sinar matahari secara langsung. PVC yang terpapar UV secara langsung akan menyebabkan pipa mengalami brittle/getas.

3. Gunakan Jenis Pipa yang Tepat Sesuai Keperluan

PVC memiliki banyak tipe mengikuti kegunaannya. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pipa PVC bisa kita pakai untuk instalasi air untuk kebutuhan produksi pabrik, pembuangan limbah, sampai kebutuhan instalasi air bersih perumahan. 

Meskipun pipa PVC tahan terhadap kimia, tentu bahan kimia tertentu tetap akan membuat pipa PVC mengalami penurunan kualitas. 

Tetap pastikan untuk mengaliri material yang kompatibel dengan pipa PVC untuk meminimalisir kerusakan. 

4. Jauhkan Pipa dari Lokasi Rawan Benturan dan Aktivitas Manusia

Salah satu keunggulan PVC yakni kekuatan dan ketahanan. Namun, bukan berarti kita sengaja menaruh instalasinya di tempat dengan intensitas aktivitas manusia tinggi, atau tempat yang rentan terkena benturan atau pukulan. 

Atau, kita dapat menggunakan isolasi untuk melindungi pipa jika memang instalasi nya harus berada di daerah rawan benturan pada pipa.

5. Hindari Tekanan Berlebih

Setiap jenis pipa atau paralon PVC punya kemampuan variatif untuk menahan tekanan air. Maka dari itu, pastikan untuk menyesuaikan pipa dengan kebutuhan tekanan. Misalnya seperti menghindari memakai pipa PVC tipe D untuk instalasi pipa tidak bertekanan dan PVC tipe AW untuk keperluan transfer air dengan tekanan tinggi hingga 10 kg/cm2

Penutup

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, ada baiknya kita mempertahankan bahkan memaksimalkan keunggulan PVC dengan selalu merawatnya. Mulai dari melakukan mentoring setiap waktu sampai menggunakan jenis PVC sesuai kebutuhan. 

Butuh brand pipa terpercaya? Rucika jawabannya. Rucika menghadirkan Pipa PVC kualitas terbaik dengan lifetime hingga 50 tahun. Jangan ragu karena Rucika menggunakan standarisasi pipa skala Internasional yang terjamin kualitasnya. Tahan kontaminasi kimia, kuat dan tidak mudah pecah.

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY