Ciri dan Penyebab Saluran Air Mampet

Ciri dan Penyebab Saluran Air Mampet

Sumbatan di saluran pembuangan air pada instalasi rumah, kerap mengganggu. Sumbatan menyebabkan aliran air buangan menjadi terhambat dan muncul bau tak sedap.

Saluran pembuangan yang rawan terjadi sumbatan ialah wastafel, floor drain dan tempat mencuci piring.

Beberapa penyebab sumbatan yang umum terjadi, yaitu:

1. Sisa makanan, rambut, kotoran, dan serpihan sampah.

2. Minyak dan lemak juga menyebabkan sumbatan karena sifat keduanya yang tidak bisa bercampur dengan air. Minyak dan lemak akan memadat dan melekat ke dinding pipa. Semakin banyak minyak dan lemak yang menempel akan membuat pipa tersumbat.

Bagaimana dengan ciri penyumbatan saluran air? Jika tiga hal di bawah ini terjadi di rumah Anda, bisa dipastikan saluran air tersumbat.

1. Air buangan lambat mengalir ke saluran pembuangan atau bahkan tidak bisa masuk ke dalam saluran pembuangan.

2. Terdengar suara berdeguk ketika saluran di ruangan lain sedang digunakan.

3. Tercium bau tak sedap dari saluran pembuangan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sumbatan di saluran pembuangan? Titik sumbatan dapat dilihat melalui saluran pipa bagian fitting (sambungan) pipa PVC. Untuk mempermudah pengecekan, pastikan sejak awal pemasangan pipa, Anda menggunakan Access Fitting dan Special Fitting dari Rucika.

Sebagai gambaran, “fitting” ibaratnya seperti junction, antara dua pipa atau lebih diberi “akses fitting” yang di atasnya terdapat “cap atau cover.” Cap atau cover tersebut bisa dibuka sehingga akan memudahkan saat dilakukan pengecekan sumbatan. 

Selama ini ketika terjadi sumbatan di saluran air, tukang akan menebak-nebak letak masalahnya. Kemudian, membongkar saluran tersebut. Padahal, belum tentu itu bagian yang terdapat sumbatan. Akibatnya, pipa Anda akan rusak dan perlu biaya lebih untuk memperbaikinya.

Dengan menggunakan Access Fitting dari Rucika, Anda tidak perlu bersusah payah dalam instalasi dan membongkar lantai/keramik untuk memperbaiki saluran pipa buangan jika tersumbat.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top