Desain Interior Bergaya Industrial

Interior Industrial Rucika

Design interior sebuah ruangan dapat dikatakan dapat merefleksikan karakter atau ciri khas dari orang yang memilikinya. Perkembangan design interior dari masa ke masa sangat berkembang dengan pesat dan salah satunya yang banyak digunakan sejak awal tahun 2017 adalah design interior bergaya industrial.

Design interior industri awal mulanya berasal dari Eropa, dimana banyak beberapa bangunan bekas atau pabrik yang terbengkalai dan dilakukan penyesuaian kembali agar gedung atau bangunan tersebut dapat dihuni dan digunakan dengan layak dan nyaman tanpa menghilangkan karakter asli dari bangunan tersebut. Berbeda dengan design interior modern, kontemporer, tradisional atau klasik yang menutup material bahan bangunan, desain industrial ditandai dengan kesan interior ruangan tampak seperti belum selesai namun rapi, design ini mengedepankan dan mengekspos unfinished material seperti membiarkan bata, besi, pipa dan langit – langit terbuka terlihat dengan jelas.

Selain tempat tinggal seperti rumah atau apartemen, restoran atau café juga banyak yang menggunakan design interior industri ini bahkan beberapa perkantoran juga sudah mengaplikasikannya, karena dianggap dapat mewakili gaya hidup modern, praktis, serba cepat dan maskulin. Design ini juga dapat memberikan peluang untuk menggabungkan material yang mentah namun elegan, mengkilap dan modern dengan vintage dan klasik. Apa saja dan bagaimana mencerminkan ruangan agar bergaya industrial, berikut beberapa ide yang dapat anda lakukan:

  1. Ekspos Pipa, tiang dan besi

Material ini adalah ciri khas desain interior industrial. Dengan tidak menutupinya, beberapa material ini paling sering di ekspos secara terstruktur. Pipa besi yang berwarna hitam dapat terlihat sangat menarik jika dipadankan dengan dinding berwarna putih. Tidak hanya pipa besi, pipa PVC seperti Rucika pun juga dapat digunakan dengan mengecatnya terlebih dahulu sesuai selera dan sesuai dengan warna di sekitar ruangan. Dengan harga pipa PVC Rucika yang bersaing ditambah tidak perlu menutupi material yang terekspos, tentu saja akan menghemat budget anda.

Desain Interior Bergaya Industrial Rucika

  1. Memadukan Kayu dan Metal

Memadukan tekstur kayu yang terlihat masih kasar dengan logam yang halus dan berkilau adalah salah satu tren design interior industri yang sangat popular. Pilihan logam yang paling favorit selain baja berkilau juga baja dengan aksen krom yang biasanya cocok untuk di aplikasikan di dapur

  1. Pemilihan Warna

Warna yang diaplikasikan biasanya warna monokromatik atau netral seperti abu-abu, hitam, coklat yang masuk pada elemen warna-warna material bahan bangunan yang di ekspos. Biasanya warna abu-abu yang menjadi favorit untuk desain interior ini

Design interior industri Rucika

  1. Dinding Unfinished

Pada bangunan tua sperti pabrik yang sudah di renovasi dan di design ulang agar tampil bergaya industrial, lengkapi ruangan dengan dinding bata atau beton yang menjadi fitur utama pada interior ruangan. Batu bata yang merupakan salah satu material favorit untuk desain bergaya industri biasanya digunakan untuk nuansa industri tradisional, sementara beton atau dinding semen unfinished digunakan untuk nuansa industri modern.

  1. Lantai Tidak Sempurna

Agar tetap mempertahankan nuansa industri, lantai beton yang sudah di poles adalah salah satu pilihan yang cocok dengan tema industri. Kasar, tidak sempurna dan ada sedikit tambalan seperti lantai kayu atau batu juga dapat memberikan efek yang maskulin dengan menambahkan beberapa warna kontras sehingga memberikan kehangatan pada suatu ruangan. Pemilihan lantai dan dinding perlu disesuaikan, jika anda sudah memasang dinding dengan bata, maka lantai tidak perlu dipasang corak yang rumit sehingga memberikan kesan ramai saat anda memasuki ruangan tersebut. Gunakan keramik berwarna polos untuk ruangan yang sudah terpasang bata pada dindingnya.

  1. Pencahayaan Dengan Lampu Gantung

Lampu seperti neon atau lampu gantung yang sering digunakan untuk pabrik dapat digunakan untuk pencahayaan ruangan sekaligus dekorasi ruangan. Lampu gantung dengan penutup alumunium yang biasanya digunakan di pabrik-pabrik juga dapat digunakan, atau lampu neon yang tergantung apa adanya pada pipa juga dapat digunakan seperti pada pipa Rucika dibawah ini!

Itulah beberapa penjelasan dan ide mengenai desain interior industrial. Semoga anda dapat terinspirasi untuk mengaplikasikan beberapa material yang disarankan pada rumah yang akan anda bangun atau renovasi.

6. Pencahayaan Dengan Lampu Gantung

Leave us your thought