21 Desember 2021,

ECliST

Gelembung Udara untuk Keberlangsungan Hidup

Pernah melihat benda ini di tengah perairan seperti waduk? Terlihat seperti perahu motor yang sedang membuat buih atau gelembung udara. Namun benda tersebut bukan diciptakan untuk memperindah waduk ataupun sarana bermain, melainkan berfungsi untuk melakukan aerasi. Apa itu aerasi? Aerasi adalah proses memasukkan oksigen ke dalam air dengan tujuan agar kadar oksigen terlarut di dalam air meningkat atau dalam bahasa asingnya disebut Dissolved Oxygen (DO).

Lalu kenapa kita perlu meningkatkan kadar oksigen di dalam air? Jawaban sederhananya, sama seperti manusia dan makhluk hidup lainnya di darat yang membutuhkan oksigen untuk metabolisme tubuh, begitu pula makhluk hidup di dalam air. Tidak hanya ikan, mikroorganisme di dalam air pun membutuhkan kadar oksigen yang cukup agar dapat bertahan hidup.

Walaupun berukuran mikro, peran makhluk hidup ini di dalam air sangatlah penting, salah satunya sebagai pengurai senyawa organik di dalam air. Karena kandungan senyawa organik yang tinggi dapat merubah rasa, warna, dan bau air sehingga diperlukan peran bakteri aerob untuk melakukan proses penguraian. Ketika melakukan penguraian ini lah bakteri memerlukan oksigen untuk melakukan proses oksidasi, sehingga kadar oksigen di dalam air akan menurun. Nah, bila dalam prosesnya jumlah oksigen terlarut tidak cukup maka proses penguraian secara aerob akan terhenti, bahkan makhluk hidup lainnya seperti ikan pun akan mati dikarenakan kekurangan oksigen. Sehingga penting untuk menjaga kadar oksigen terlarut agar tidak kurang dari nilai ambang batas yang dipersyaratkan.

Walaupun memiliki peran yang penting untuk mengurai senyawa organik, tidak berarti bahwa tingginya jumlah mikroorganisme di perairan adalah hal yang baik. Ini dikarenakan bila terdapat sejumlah mikroorganisme di dalam air, maka dapat dipastikan di dalam air tersebut terdapat makanan untuk mikroorganisme tersebut, yaitu senyawa organik. Semakin banyak jumlah mikroorganisme maka dapat diartikan semakin banyak pula jumlah senyawa organik di dalam air tersebut. Bila jumlah senyawa organik di dalam lingkungan air tinggi bahkan melebihi nilai ambang batas yang dipersyaratkan maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan air tersebut telah tercemar dan perlu adanya upaya perbaikan untuk lingkungan air tersebut serta pencegahan dikemudian hari. Salah satu upaya perbaikannya dengan proses aerasi seperti gambar di atas yang menggunakan aerator untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air.

Jadi sudah tau kan kalau gelembung – gelembung udara itu ternyata penting ya untuk kehidupan air bahkan kehidupan lingkungan darat di sekitar perairan tersebut!

 -CFS-

Share This Post :

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS