10 Juli 2023,

admin_rucika

Hati-Hati, Jangan Gunakan Soda Api untuk Mengatasi Pipa Mampet

Sahabat Rucika, kalian pasti pernah mengalami masalah pipa mampet di rumah, bukan? Rasanya pasti menjengkelkan ketika masalah tersebut datang. Saat saluran air di rumah mampet, aktivitas-aktivitas seperti mencuci piring, mencuci baju, ataupun mandi akan terbatas.

Melihat pentingnya saluran air untuk segala aktivitas di rumah, berbagai cara akan dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pipa mampet, salah satunya dengan menggunakan soda api.

Selain terbukti efektif dalam mengatasi masalah pipa mampet, penggunaan soda api juga lebih murah dan mudah dilakukan—banyak orang yang telah menggunakan cara ini. Namun, ada konsekuensi tertentu ketika kalian menggunakan soda api untuk mengatasi masalah pipa mampet.

 

Perlukan Menggunakan Soda Api untuk Saluran Air?

Sahabat Rucika sebaiknya tidak menggunakan soda api untuk mengatasi pipa mampet. Penggunaan bahan kimia—soda api salah satunya—memang terbukti efektif untuk mengatasi masalah pipa mampet. Namun, sifat ‘terlalu efektif’ tersebut juga dapat menyebabkan masalah.

Sifat korosif pada soda api dapat ‘memakan’ pipa itu sendiri saat digunakan untuk sebagai pembersih. Apa pun jenis pipa yang kalian miliki: pipa PVC, pipa logam, ataupun besi, soda api dapat merusaknya.

Karena sifat korosif, selain menyebabkan kerusakan pada pipa, penggunaan soda api juga dapat menyebabkan masalah pada tubuh pengguna jika tidak berhati-hati. Soda api dapat memberikan efek luka bakar pada kulit manusia, dan asap yang dihasilkan juga dapat membahayakan orang-orang di radius tertentu.

 

Apa yang Akan Terjadi ketika Menggunakan Soda Api pada Saluran Air?

Soda api menciptakan reaksi yang yang dapat melebur makanan, rambut, dan bahan organik lain, yang merupakan penyebab umum dari banyaknya saluran air yang tersumbat. Dengan efek peleburan tersebut, soda api dapat membersihkan area di mana bahan-bahan tersebut menumpuk.

Penggunaan soda api pada jenis pipa logam akan menimbulkan reaksi kimia yang dapat meningkatkan tekanan di dalam pipa. Jika tekanan pada sebuah pipa terlalu tinggi, hal tersebut akan mempengaruhi usia penggunaan.

Hal yang sama juga dapat terjadi pada pipa plastik/PVC. Pada beberapa kasus, reaksi kimia dari soda api yang menghasilkan panas dapat melelehkan pipa dan menyebabkan kerusakan keseluruhan saluran air.

Permasalahan lain pada penggunaan soda api untuk pembersih saluran air yaitu pada takaran penggunaannya. Sulit untuk mengetahui berapa banyak soda api yang dibutuhkan. Penggunaan yang terlalu banyak tentu akan mengatasi masalah penyumbatan secara keseluruhan, akan tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan yang besar. Sementara itu, jumlah penggunaan yang terlalu sedikit mungkin akan lebih aman, namun tidak dapat sepenuhnya menghilangkan sumbatan. Hal ini lah yang menjadikan penggunaan soda api untuk mengatasi penyumbatan pada pipa tidak disarankan.

 

Apa yang Harus dilakukan Untuk Mengatasi Pipa Mampet?

Tindakan pertama yang dapat Sahabat Rucika lakukan untuk mencegah pipa di rumah mampet yaitu dengan tidak membuang apapun ke dalam saluran pembuangan seperti sisa-sisa makanan, minyak, dan barang-barang asing seperti sampah plastik.

Selain itu, Sahabat Rucika juga dapat menggunakan access fitting untuk mempermudah pengawan saluran pembuangan apabila terjadi penyumbatan pada pipa di rumah.

Jika Sahabat Rucika khawatir dengan penyumbatan yang terjadi di saluran air rumah, cara terbaik adalah dengan menyewa seorang tenaga ahli seperti tukang ledeng. Dengan pengalaman yang dimilikinya, mereka dapat membantu Sahabat Rucika mengatasi masalah dengan cepat dan efisien, serta memastikan bahwa bahan yang digunakan aman untuk saluran pipa air.

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY