Instalasi Pipa Bawah Tanah Juga Butuh Perhatian

Instalasi Pipa Bawah Tanah Juga Butuh Perhatian

Pipa untuk mengalirkan air limbah memiliki dimensi yang lebih tipis daripada pipa yang digunakan untuk mengalirkan air bersih bertekanan. Hal ini dikarenakan air limbah umumnya dialirkan tanpa menggunakan bantuan pompa sehingga tidak ada tekanan pada air limbah yang mengalir di dalamnya. Lalu bagaimana air limbah mengalir? Tentunya air limbah dapat mengalir dengan memanfaatkan gravitasi sehingga instalasi pipa perlu sedikit dimiringkan ke arah titik akhir buangan. Semakin miring pipa maka semakin cepat air akan mengalir tetapi bukan berarti pipa harus diinstal dengan kemiringan yang ekstrem karena ada padatan dalam air limbah yang perlu dialirkan juga dan padatan ini tidak akan mengalir bila instalasi pipa cenderung datar atau bahkan terlalu miring.

Padatan pada air limbah terutama air limbah domestik dapat berupa sisa makanan, rambut, tisu, dan lain – lain yang tentunya sahabat RUCIKA juga sangat familiar dengan apa yang ada di dalam air buangan dari rumah masing – masing. Padatan berupa sampah yang terdapat pada air limbah domestik ini seharusnya dapat kita saring terlebih dahulu sehingga tidak masuk ke dalam instalasi pipa air imbah. Kenapa demikian? Karena yang telah kita bahas sebelumnya bahwa air limbah ini mengalir dengan memanfaatkan gravitasi melalui kemiringan pipa tanpa ada bantuan tekanan dari pompa, sedangkan sampah padat di dalam instalasi pipa tidak akan mengalir dengan mudah seperti halnya benda cair. Hal inilah yang akan menjadi masalah dikemudian hari karena sampah padat akan menumpuk di dalam instalasi terutama di titik perubahan arah seperti di belokan 90° atau percabangan.

Bedasarkan hal di atas, RUCIKA menghadirkan produk Access Fitting yang didesain untuk memudahkan air limbah mengalir dan membuat pekerjaan perawatan instalasi pipa bawah tanah menjadi lebih simpel. Hal tersebut dikarenakan fitting yang didesain memiliki kemiringan dan radius yang lebih besar. Selain itu juga terdapat lubang di bagian atas fitting yang berfungsi sebagai akses untuk melakukan perawatan. RUCIKA Access Fitting didesain dengan mengacu pada standar dimensi pipa dan fitting JIS sehingga sangat cocok bila digabungkan dengan pipa RUCIKA Standard dan RUCIKA JIS.

Rucika Access Fitting

Tidak hanya untuk pipa yang mengacu pada standar JIS, Access Fitting pun sekarang dapat dikombinasikan dengan instalasi yang menggunakan pipa berstandar SNI. RUCIKA telah menyiapkan connector berbahan dasar UPVC sehingga pipa RUCIKA Lite dengan standar SNI dapat dikoneksikan dengan RUCIKA Access Fitting.

Access Fitting dan Rucika Lite

Cara pemasangan pun sama dengan pipa UPVC pada umunya tidak perlu alat berat dan waktu yang lama pada proses pengerjaannya. Begitu pula saat proses perawatannya, cukup membuka tutup ujung sendok dan anda sudah bisa melihat apa yang ada di dalam instalasi pipa anda.

Perlu diperhatikan, pentingnya mempersiapkan akses perawatan pada instalasi pipa bawah tanah daripada dikemudian hari harus menghancurkan beton dan menggali tanah hanya untuk mengatasi pipa tersumbat.

CFS

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top