Jaga Keseimbangan Neraca Air dengan Rucika Rain Water System

Jaga Keseimbangan Neraca Air dengan Rucika Rain Water System

Air merupakan hal paling esensial dalam kehidupan manusia. Kebutuhan rata – rata air bersih manusia per hari menurut UNESCO pada tahun 2002 sebesar 60 liter/orangsetiap hari. Di pulau Jawa dengan jumlah penduduk sebesar 151,6 juta atau 56,1% dari total 270,2 juta penduduk Indonesia, memiliki kebutuhan air bersih pada tahun 2020 sebesar 60295.45 juta m3/tahun, dan akan terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Pulau jawa diprediksi mengalami kelangkaan air absolut pada tahun 2040, dengan meningkatnya jumlah penduduk, perubahan iklim dan peralihan fungsi dari lahan hijau ke lahan pemukiman dan industri merupakan faktor – faktor utama berkurangnya jumlah ketersediaan air di pulau Jawa.

Ketersediaan Air Wilayah Sungai berdasarkan klasifikasi ketersediaan air perkapita (Sumber: Kementerian PUPR 2016)

Adanya peralihan fungsi lahan hijau menjadi kawasan industri dan permukiman membuat jumlah daerah resapan menjadi berkurang, pemasangan Rucika Rain Water System pada bangunan dapat membantu menjaga keseimbangan neraca air, Karena Rucika Rain Water System memiliki fungsi:

1.       Resapan Air, yang berfungsi untuk membantu air hujan tidak dibuang secara langsung ke saluran kota, namun diresapkan secara perlahan ke tanah.

Rucika RainWater System sebagai resapan air hujan
Rucika RainWater System sebagai resapan air hujan

2.       Penyimpanan Air, pada fungsi ini air hujan yang ditampung pada Rucika Rain Water System dapat digunakan kembali sebagai media untuk menyiram tanaman, hal ini dapat mengurangi jumlah penggunaan air bersih.

Rucika RainWater System sebagai penyimpanan air hujan
Rucika RainWater System sebagai penyimpanan air hujan

Selain itu Rucika Rain Water System memiliki keunggulan berupa:

1.       Daya tampung yang besar hingga 96,59%

2.       Penggunaan material yang ramah lingkungan yaitu daur ulang Polypropylene

3.       Instalasi yang mudah, karena Rucika Rain Water System menggunakan sistem knock-down yang mudah dibongkar pasang

4.       Inspeksi yang mudah, karena Rucika Rain Water System lubang inspeksi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan

5.       Transportasi yang mudah, instalasi yang mudah dibongkar pasang membuat Rucika Rain Water System dapat disusun di dalam truk/mobil sehingga lebih sedikit memakan tempat.

6.       Ketahanan terhadap pembebanan sampai dengan 25 Ton

7.       Ketahanan terhadap gempa sampai 8 SR pada instalasi dengan rentang lebar hingga 100m pada kedalaman kuburan 3,99m

Dari penjelasan di atas, Rucika Rain Water system merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga keseimbangan neraca air di pulau Jawa, sebagai upaya untuk mencegah kekeringan absolut pada tahun 2040. Mari jaga bumi kita dengan menggunakan air secara bijak.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top