22 September 2023,

admin_rucika

Kenali Bahan Bangunan Berkualitas untuk Rumah Impian Anda!

Pemilihan bahan bangunan menjadi salah satu proses penting pada saat membangun sebuah rumah. Untuk itu, memilih bahan bangunan berkualitas merupakan hal yang wajib dilakukan. Bahan bangunan berkualitas tidak hanya memastikan rumah yang dibangun dapat lebih kokoh dan tahan lama, tetapi juga menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

Untuk mewujudkan rumah impian tersebut, penting bagi Sahabat Rucika untuk mengetahui apa saja ciri-ciri bahan bangunan yang berkualitas melalui artikel ini.

Pasir sebagai Bahan Dasar Utama

Sebagai salah satu bahan dasar penting pada proses pembangunan rumah, pasir memegang peran penting untuk menentukan kualitas sebuah pondasi yang kokoh. Pasir yang berkualitas memiliki kandungan lumpur yang sedikit, bertekstur kasar, warnanya tidak terlalu terang, dan tingkat kelembabannya tidak terlalu tinggi.

Batu Alam sebagai Pondasi Rumah

Jenis batu yang biasa digunakan sebagai pondasi rumah adalah batu alam. Jenis batu alam yang bagus memiliki ciri-ciri seperti daya tahan yang kuat, daya serapnya relatif kecil, dan tahan terhadap pengaruh cuaca.

Batu Bata untuk Dinding Rumah

Tidak seperti batu alam yang digunakan sebagai pondasi rumah/bangunan, batu bata biasanya digunakan sebagai dinding, pagar, dan kebutuhan lainnya. Ciri-ciri batu bata yang bagus yaitu kuat, tahan terhadap segala jenis cuaca, dan tidak terdapat lubang atau retakan di dalamnya.

Semen sebagai Perekat

Semen dengan kualitas yang baik biasanya memiliki tekstur yang halus dan tidak mudah menggumpal, konsistensinya bagus (tidak terlalu encer atau terlalu kental ketika dicampur air), daya rekatnya baik, dan waktu pengeringannya juga cepat.

Besi Beton untuk Rangka Rumah

Besi beton berkualitas tinggi biasanya memiliki ciri-ciri seperti permukaan yang halus tanpa karat, tulangan yang rapi, dan telah terstandarisasi oleh lembaga industri seperti SNI.

Baja Ringan untuk Rangka Atap

Baja ringan dengan kualitas tinggi memiliki ciri-ciri seperti terbuat dari material galvanis, standar ketebalannya 0,75 hingga 1 mm, dan telah tersertifikasi serta memenuhi standar mutu tertentu.

Sistem Perpipaan

Saluran air pada sebuah rumah sangat diperlukan. Salah satu bahan bangunan ini tentunya harus dipilih yang terbaik karena akan digunakan dalam jangka waktu yang lama dan biasanya tertanam di dalam bangunan. RUCIKA memiliki sistem perpipaan yang lengkap tidak hanya untuk rumah tinggal, namun juga untuk berbagai bangunan. Tersedia berbagai jenis pipa dan juga sistem manajemen air seperti sistem resapan air dan saluran buangan yang terpadu

Itu tadi adalah ciri-ciri dari bahan bangunan yang berkualitas. Dengan memperhatikan tulisan di atas, Sahabat RUCIKA dapat lebih mudah memastikan rumah yang dibangun akan menjadi rumah impian yang aman dan nyaman untuk ditinggali.

Share This Post :

guest
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
bwerpipes in kirkuk
bwerpipes in kirkuk
5 days ago

Bwer Pipes: Innovating Agriculture in Iraq: Explore Bwer Pipes for top-of-the-line irrigation solutions crafted specifically for the needs of Iraqi farmers. Our range of pipes and sprinkler systems ensures efficient water distribution, leading to healthier crops and improved agricultural productivity. Explore Bwer Pipes

OUR PRODUCTS

SORT BY