22 September 2022,

admin_rucika

Kenali Jenis Pipa Air Limbah dan Keunggulannya

Hidup yang sehat juga harus diimbangi dengan lingkungan yang bersih dan gaya hidup yang baik. Salah satu hal penting dari lingkungan yang harus diperhatikan adalah pengelolaan air limbah. Air limbah menjadi hal penting yang harus diperhatikan karena dapat mencemari lingkungan dan berdampak buruk jika tidak dikelola dengan baik. Limbah cair rumah tangga atau limbah cair domestik merupakan sisa atau buangan dari suatu kegiatan dan proses yang timbul karena adanya kehidupan manusia. Penggunaan air untuk berbagai kegiatan dan kehidupan sehari-hari akan menghasilkan limbah cair jika tidak ditangani secara semestinya mengakibatkan masalah lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Selain sistem pengelolaan limbah yang baik, pemasangan dan pemilihan jenis pipa untuk saluran limbah cair domestik harus dilakukan dengan tepat. Yuk! Kenali lebih jauh jenis pipa air limbah yang tepat untuk segmen rumah tinggal residensial dan jenis bangunan lainnya.

Pipa uPVC Limbah merupakan elemen penting dalam Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) sebagai media untuk mengalirkan limbah cair ke media pengolahan. Untuk selanjutnya air yang tercemar diubah menjadi air bersih siap untuk digunakan kembali. Fungsi pipa sangat penting dalam membangun jaringan instalasi pengolahan air limbah atau IPAL. Pipa uPVC limbah berfungsi sebagai media penghantar limbah cair menuju IPAL, tanpa mencemari lingkungan sekitar.

Lalu bagaimana dengan jenis kebutuhan produk pipa yang sesuai untuk kebutuhan ini? Karakter produk ideal pipa uPVC limbah pada dasarnya disesuaikan dengan kebutuhan, dan bagaimana instalasi sistem pengolahan air limbah biasa dibangun. Pertama, transportasi limbah cair dan sejenisnya didesain dapat terhantar tanpa media pendorong. Mekanisme ini berjalan hanya dengan dorongan gravitasi, dan hanya mengalir begitu saja. Oleh karena itu, tidak dibutuhkan pipa dengan spesifikasi tekanan kerja besar.

Dibanding dengan produk pipa jenis lain, pipa uPVC limbah memiliki banyak keistimewaan dan diproduksi dengan spesifikasi khusus.  Sehingga penggunaannya ideal untuk proses pengolahan air limbah menjadi air bersih untuk digunakan kembali. Di pasar,  produk pipa uPVC limbah biasanya menggunakan jenis pipa dari bahan PVC biasa.  Orang berpikir,  karena tanpa tekanan kerja hal ini bisa menggunakan produk pipa PVC kelas rendah,  atau umumnya menggunakan pipa kelas D dengan tekanan tak lebih dari 5 bar atau,  5 kg/cm2. Pendapat tersebut tak selalu salah,  hanya saja untuk produk pipa limbah yang bisa diandalkan ada baiknya menggunakan produk dengan spesifikasi khusus. Pipa uPVC limbah atau biasa dikenal dengan pipa SDR-41.

Penggunaan produk pipa yang tepat untuk saluran air limbah bisa memberi beragam keuntungan.  Berikut diantaranya :

  •       Usia pakai yang panjang

Produk pipa PVC telah berevolusi sedemikian rupa,  hingga pada akhirnya kita mengenal istilah pipa uPVC.  Dibanding jenis material selain PVC, material ini lebih dapat diandalkan dengan tingkat keretakan rendah sehingga dapat digunakan hingga 50 tahun.

  •       Ringan dan mudah dipasang

Pipa PVC limbah atau biasa dikenal dengan pipa SDR-41 memiliki tebal dinding yang tipis, ideal untuk saluran air limbah buangan. Hal ini membuat beban pipa sangat ringan. Selain itu, produk ini didesain dengan sistem penyambungan Rubber Ring Joint, tanpa perekat dan mesin khusus penyambung pipa,  sehingga lebih mudah dalam hal pemasangan.

  •       Bebas karat

Seperti Halnya pipa termoplastik lainnya,  pipa uPVC Limbah tidak memiliki sifat karat yang seperti kita jumpai di pipa besi.  Sehingga produk ini dapat digunakan tanpa gangguan permasalahan karat yang dapat memangkas usia penggunaan pipa.

  •       Tahan bahan kimia

Bahan kimia dari aktivitas sanitasi yang terbuang dengan limbah cair pada dasarnya tidak akan mempengaruhi kualitas pipa.  Permukaan pipa yang halus, membuat kotoran dan limbah terbuang tanpa ada hambatan.

Kesehatan menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, sehingga anda dapat memulai dari diri sendiri. Pilihlah pipa untuk saluran buangan dengan tepat, baik untuk air bersih maupun air limbah cair domestik. Tidak hanya itu, pipa uPVC limbah ini cocok untuk segmen rumah tinggal residensial dan jenis bangunan lainnya.

Pipa Rucika Lite adalah pipa yang diproduksi dari bahan uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Dalam dunia konstruksi, pipa Rucika Lite ini sering disebut dengan pipa SDR-41. Merupakan pengembangan produk pipa PVC konvensional, pipa ini memiliki bahan yang lebih lentur, kuat dan tidak mudah pecah. Rucika Lite juga mempunyai karakter khusus yaitu memiliki tekanan yang rendah. Sehingga pipa uPVC ini sering digunakan untuk kebutuhan sistem perpipaan yang memiliki tekanan rendah seperti saluran air kotor dan pembuangan.

Pipa Rucika Lite merupakan produk dari PT. Wahana Duta Jaya Rucika yang telah memulai usahanya sejak tahun 1973. Dengan pengalaman hampir 50 tahun, perusahaan telah memproduksi berbagai jenis sistem perpipaan plastik dengan segala keunggulannya, salah satunya adalah pipa uPVC Rucika Lite ini. Dengan varian sistem perpipaan terlengkap secara teknologi dan inovasinya, PT Wahana Duta Jaya Rucika menjadi salah satu perusahaan pipa plastik terlengkap dan terinovatif di Indonesia.

 

-JDW-

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS