Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Keunggulan Pipa Plastik Dibanding Pipa Logam

Keunggulan Pipa Plastik Dibanding Pipa Logam

Ketika kita hendak membangun sebuah rumah hal yang harus kita pikirkan adalah material – material bahan bangunan yang akan kita gunakan. Mulai dari semen, batu bata, keramik lantai dan yang tidak kalah penting adalah instalasi air. Pada saat kita akan membuat instalasi air dirumah, kita akan dihadapkan dengan pemilihan jenis pipa. Jenis pipa yang bisa kita pilih sangatlah banyak mulai dari pipa berbahan dasar logam hingga pipa plastik yang sangat populer sekarang. Pipa logam sudah ada sejak zaman Yunani kuno dan terkenal akan kekuatanya yang sangat kuat menahan benturan hingga tekanan tinggi. Pipa plastik di zaman modern ini sudah sangat terkenal akan kepraktisannya. Jenis pipa plastik yang ada sudah sangat banyak dan yang paling mudah ditemukan di pasaran Indonesia adalah pipa PVC. Pipa PVC sering menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di pasar, sambunganya mudah dipasang, ringan dan harganya pun cenderung murah. Tidak hanya itu saja, pipa PVC juga memiliki berbagai keunggulan lain jika dibandingkan dengan pipa logam. Antara lain:

  1. Pemasangan mudah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pipa PVC lebih mudah disambung dibanding pipa logam karena hanya menggunakan lem. Selain mudah disambung, material pipa PVC lebih ringan sehingga ketika dipotong pun tidak harus mengeluarkan tenaga yang besar. Sementara pipa logam untuk melakukan penyambungan kita harus mengelasnya dan pemotongnya harus dengan alat khusus.
  2. Tahan korosi dan tahan terhadap bahan kimia. Berbeda dengan pipa logam yang bisa mengalami korosi, pipa PVC ini tahan korosi dan tidak mungkin berkarat.
  3. Harga yang ekonomis. Jika dibandingkan dengan harga pipa logam yang tinggi, harga pipa PVC ini cenderung lebih rendah. Tidak hanya itu saja, karena pemasangannya mudah, Anda pun tidak harus menyewa jasa profesional untuk memasangnya. Ketika sudah dipasang pipa PVC biaya perawatanya pun sangat rendah.
  4. Kuat dan tidak mudah pecah. Ketika bicara masalah kekuatan, mungkin pipa yang terbuat dari logam akan jauh lebih unggul dibanding pipa plastik. Hanya saja, ketahanan pipa PVC tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, pipa PVC ini terbuat dari Polyvinyl Chloride, yang mempunyai sifat keras dan kuat, namun tetap ringan. Pipa PVC bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang sangat lama dalam kondisi yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  5. Multi fungsi. Karena pipa PVC tahan terhadap korosi maka pipa PVC bisa digunakan untuk berbagai fungsi mulai dari pipa air bertekanan, ventilasi udara hingga pipa air buangan limbah.

Dengan berbagai kunggulan yang dimiliki, pipa PVC menjadi pilihan yang tepat dan ekonomis untuk instalasi air di perumahan hingga gedung- gedung bertingkat. Jika anda ingin mencari pipa PVC jangan lupa untuk selalu membeli pipa PVC yang terbaik di Indonesia yaitu Rucika Wavin dengan berbagai ukuran yang tersedia dari ½” hingga 12” dan berbagai keunggulan yang dimiliki.

Leave us your thought