20 Desember 2022,

admin_rucika

Kuat dan Mulus, Lebih Aman dan Efisien

Air bersih tidak hanya dibutuhkan di rumah atau bangunan tempat tinggal saja. Dimana ada manusia disitu pasti ada kebutuhan akan sumber daya air, termasuk di industri. Bila di rumah, air seringkali digunakan sebagai air minum, mencuci, memasak dan kebutuhan dasar manusia lainnya. Berbeda dengan di industri, air memiliki peran yang jauh lebih luas daripada di rumah. Contoh di industri, air yang telah dimurnikan menjadi aquades bisa digunakan sebagai pelarut bahan – bahan kimia. Kemudian air juga dapat digunakan sebagai pendingin untuk mesin – mesin produksi, selain itu juga dapat digunakan untuk menggerakkan turbin dan masih banyak lagi peran air dalam operasional industri.

Keberadaan air yang memiliki peran sangat krusial ini tentu harus direncanakan dan dijaga dengan sangat teliti. Tidak hanya berbicara soal kualitas dan kuantitas tetapi juga perlu diperhatikan aspek kontinuitasnya. Karena perencanaan tanpa mempertimbangkan kontinuitas maka akan berdampak pada besarnya potensi sebuah industri tidak akan dapat melanjutkan operasional sebagaimana yang diharapkan.

Pemilihan sumber bahan baku air, proses pengolahan, karakteristik aliran sampai ke pemilihan prasarana adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam proses perencanaan. Dalam pemilihan prasarana salah satunya pipa sebagai prasarana untuk mengalirkan air, tentunya spesifikasi yang digunakan pun harus memenuhi karakteristik aliran air yang melewatinya. Bahkan spesifikasi pipa pun seringkali harus jauh lebih tinggi dibandingkan dengan karakteristik alirannya dengan maksud untuk lebih menjamin keamanan dan keselamatan saat operasional. Karena jangan sampai saat operasional pipa pecah dan membuat operasional terhenti. Maka dari itu pemilihan pipa pun harus sangat diperhatikan meskipun hanya untuk mengalirkan air bersih.

RUCIKA Black merupakan pipa yang dengan bahan baku HDPE yang memiliki variasi hingga PN 20. Tingginya tekanan yang dapat diakomodir pipa ini membuatnya menjadi pilihan yang tepat bila digunakan untuk mengalirkan air bersih dengan tekanan dalam industri. Tidak hanya pertimbangan dari sisi tekanan yang dapat meningkatkan safety factor, permukaan dalam pipa yang halus pun dapat memberikan dampak efisiensi operasional yang lebih menguntungkan. Permukaan dalam pipa yang halus tentunya dapat lebih memperlancar aliran air dikarenakan major losses yang disebabkan oleh friksi antara air dan pipa berkurang. Kecilnya angka major losses ini sudah pasti akan membuat kinerja pompa semakin ringan, bahkan spesifikasi pompa yang digunakan pun bisa dipilih yang lebih rendah daripada bila menggunakan pipa dengan permukaan yang kasar, sehingga biaya awal dan konsumsi listrik saat operasional pun bisa lebih efisien.

Pemilihan pipa pada industri tidak hanya sekedar memilih diameter yang tepat, ternyata perlu juga melihat spesifikasi lainnya untuk mendapatkan hasil yang optimal. RUCIKA Black tidak hanya sekedar mengalirkan air, tetapi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan menjaga investasi.

-CFS-

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY