Lakukan 5 Hal Ini untuk Bantu Hentikan Penyebaran Virus Corona

Lakukan 5 Hal Ini untuk Bantu Hentikan Penyebaran Virus Corona

Pandemi virus corona sudah melanda di seluruh dunia, bahkan di Indonesia. Hingga saat ini, secara global kasusnya sudah mencapai 10 juta lebih orang terjangkit. Sedangkan kasus positif di Indonesia sudah mencapai 50 ribu orang lebih yang terjangkit virus tersebut, dan belum ada vaksin yang bisa mencegah penyakit coronavirus (COVID-19)

Pemerintah Indonesia sudah berusaha maksimal untuk menekan laju penyebarannya dengan berbagai macam cara. Mulai dari himbauan untuk melakukan social distancing, kemudian physical distancing, hingga PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Bahkan Pemerintah sudah melakukan pelarangan mudik di Lebaran tahun 2020 ini.

Selain itu anjuran untuk tetap berada di rumah, work from home, dan belajar di rumah sudah mulai banyak diberlakukan oleh instansi pemerintah, sekolah, hingga perkantoran. Semua ini demi untuk menghentikan penyebaran yang kini makin masif.

Lalu sebagai warga, apa yang harus dilakukan untuk membantu pemerintah dalam hal ini? Menurut situs covid19.go.id disebutkan bahkan ada 5 tindakan yang bisa dilakukan untuk membantu menghentikan virus corona :

1. Cuci tangan lebih sering

Mencuci tangan adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk membantu proses pencegahan sekaligus penyebaran dari virus ini. Cuci tangan dianjurkan dilakukan sehabis bepergian atau beraktivitas di luar rumah. Gunakan hands sanitizer atau sabun dan kemudian bilas menggunakan air mengalir. Saat ini, di beberapa lokasi di Indonesia sudah tersebar beberapa wastafel portable hasil kerjasama Rucika dan Royal Kitchen Sink

2. Perhatikan etika batuk dan bersin

Di manapun berada, pastikan untuk selalu melakukan etika batuk dan bersin yaitu menutup hidung dan mulut menggunakan siku bagian dalam. Ini dilakukan untuk keluarnya cairan ketika bersin ataupun batuk.  Karena penyebaran virus bisa terjadi akibat droplet!

3. Jangan menyentuh bagian muka, wajah dan hidung

Selalu perhatikan kebersihan setelah beraktivitas di luar rumah. Jangan pernah menyentuh bagian muka, wajah dan hidup menggunakan tangan atau benda apapun. Segera cuci tangan dan mandi!

4. Jaga jarak aman

Jika memang terpaksa keluar rumah untuk beraktivitas atau ada urusan yang sangat penting, maka jaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 – 2 meter. Ini dilakukan untuk menghindari penularan ketika ada seseorang yang memiliki gejala batuk, pilek atau flu di sekitar Anda.

5. Usahakan selalu berada dan diam di rumah saja

Berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga adalah salah satu cara yang terbaik untuk terhindar dari infeksi penularan COVID-19, melakukan hal yang kreatif dan mendapat ilmu dari berbagai sumber bisa kita lakukan dari rumah. Jika memang terpaksa keluar selalu gunakan masker untuk mencegah penularan.

Itulah 5 point penting yang bisa kita sama-sama lakukan untuk membantu Pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona di lingkungan sekitar. Patuhi semua aturan yang ada dan gunakan protokol kesehatan baik di dalam rumah atau di luar rumah.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top