15 Desember 2020,

ECliST

Memanfaatkan Efek Sifon

Sahabat RUCIKA pasti pernah mendengar istilah efek sifon. Efek sifon secara sederhana dapat diartikan menjadi peristiwa perpindahan air dari titik A ke titik B dengan memanfaatkan beda tinggi level air tanpa ada ventilasi sehingga tercipta tekanan negative. Contoh sederhana dari peristiwa ini adalah ketika kita akan memindahkan air dari wadah A yang beada pada ketinggian 2 meter ke wadah B yang berada di ketinggian 1 meter.

Kita dapat memindahkan air di dalam wadah A dengan cara mencelupkan ujung selang ke dalam wadah A, lalu dari ujung selang yang lain kita sedot sampai air terlihat melewati bagian atas wadah A. Kita lepaskan dan secara otomatis air akan secara terus menerus mengalir dari wadah A ke wadah B.Selama tidak banyak udara yang masuk ke dalam selang maka air akan terus mengalir.

Efek sifon ini seringkali dihindari di dalam instalasi plambing terutama bangunan bertingkat. Kenapa? Karena seperti yang telah kita pahami di atas bahwa efek sifon ini dapat menarik air yang berada pada level yang lebih tinggi ke level yang lebih rendah tanpa bantuan alat apapun. Salah satu contohnya adalah hilangnya air pada perangkap bau yang ada di wastafel atau closet. Hal ini dikarenakan air yang seharusnya menggenang di perangkap bau ikut tertarik ke bawah ketika dilakukan flushing. Bila hal ini terjadi tentu sangat merugikan karena bau dari penampungan limbah akan keluar tanpa ada penghalang air.

Tetapi ada instalasi plambing yang justru memanfaatkan efek sifon ini, bahkan efek sifon ini sengaja dibentuk agar sistem instalasi dapat benar-benar bekerja. RUCIKA Siphonic System adalah sebuah system drainase air hujan yang memanfaatkan efek sifon menjadi sebuah keuntungan untuk mentransferkan air dari talang air ke penampungan air hujan bawah tanah dengan kecepatan alir yang lebih tinggi.

Kombinasi dari desain Roof Outlet dan perhitungan yang detail dapat memberikan banyak keuntungan selain dari sisi teknis dan tentunya finansial. Contohnya memperkecil dimensi pipa, membuat kebutuhan titik roof outlet menjadi lebih sedikit, tidak membutuhkan kemiringan (sloping) dan masih banyak lagi. Penasaran? Kami siap menjelaskan lebih detail dan berdiskusi untuk proyek sahabat kedepannya.

Efisiensikan instalasi drainase air hujan anda dengan efek sifon!

CFS

Share This Post :

guest
2 Comments
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
renny
renny
1 year ago

info selanjutnya bgmn pak……

Hariyadi
Hariyadi
1 year ago

Cara kerjanya seperti apa..perbedaanya dimna .apakah perlu alat baru lagi.apa lebih cepat pembuangannya.untuk instalasinya apa sama
Terimakasih

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS