Menanam Sayur dan Buah di Halaman Rumah dengan Teknik Hidroponik

Untuk kebun hidroponik gunakan pipa PVC dari Rucika

Bercocok tanam kini bisa dilakukan di rumah-rumah perkotaan. Keterbatasan lahan tak menjadi soal karena kini berkebun bisa dilakukan dengan teknik hidroponik.

Dalam teknik hidroponik, pipa PVC digunakan sebagai wadah menanam. Pipa PVC menjadi favorit karena multifungsi selain penggunaan untuk air bersih bertekanan dan air limbah, bisa juga difungsikan untuk sistem hidroponik.

Berbeda dengan teknik tanam konvensional, teknik hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Sebagai ganti tanah, digunakan arang sekam/sekam bakar, cocopeat/serbuk sabut kelapa, akar pakis, rockwool, dan hidroton.

Mengapa teknik hidroponik menggunakan pipa PVC? Pipa PVC menjadi pilihan terbaik untuk berkebun hidroponik karena mudah didapatkan, tahan lama, dan harganya terjangkau. Pipa PVC juga bersifat anti korosi dan tidak menghantarkan nyala api.

Pipa PVC cocok untuk bercocok tanam dengan teknik hidroponik karena permukaannya licin, sehingga kecepatan aliran air di dalamnya konstan, tak menimbulkan endapan kotoran, tak mudah tergerus akibat adanya partikel tertentu dan tahanan alirannya kecil.

Berkebun sayur menggunakan pipa PVC pun mudah dan membuat kebun menjadi lebih rapi, bersih, dan indah.

Beberapa jenis tanaman yang cocok dibudidayakan dengan sistem hidroponik ialah selada, kailan, bok choy, kangkung, sawi, seledri, cabai, bawang merah, tomat, strawberry.

Tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik jika diberikan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu agar tanaman subur, campurkan tanah dengan bahan organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang.

Jadi, selain bisa menghasilkan sayur dan buah dari pekarangan, halaman rumah juga menjadi lebih asri dengan kehadiran tanaman hidroponik.

Untuk mendukung kebun hidroponik di pekaranganmu tumbuh dengan baik, gunakan pipa PVC dari Rucika. Pipa Rucika berkekuatan beberapa kali lipat dibandingkan produk pipa PVC konvensional.

Pipa Rucika unggul karena tanpa timbal dengan kandungan calcium zinc, tahan terhadap korosi, kuat dan anti pecah, daya tahan tinggi, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Pipa Rucika juga mudah ditemukan di pasar dengan harga relatif terjangkau.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top