25 Juli 2022,

admin_rucika

Mengalirkan Air Sampai Jauh

Bila berbicara pipa PVC retail, maka di toko bahan bangunan akan kita dapatkan dua jenis pipa yang umum digunakan, yaitu pipa PVC standard dan JIS. Pipa PVC retail yang diproduksi oleh PT. Wahana Duta Jaya Rucika dengan warna putih dan garis merah atau biru bernama Rucika Standard. Sedangkan pipa PVC retail yang berwarna abu – abu adalah Rucika JIS. Sesuai namanya pipa Rucika JIS tentunya diproduksi berdasarkan Japan Industrial Standard (JIS). Lalu bagaimana dengan Rucika Standard? Apakah kedua pipa ini hanya berbeda dari warnanya?

Bila kita ukur diameter luar pipa Rucika Standard maka dimensinya sama persis seperti diameter luar pipa Rucika JIS. Pipa Rucika JIS karena mengacu pada JIS maka didesain dengan safety factor yang tinggi. Karena seperti kita tahu bahwa Jepang menerapkan standar kualitas yang tinggi untuk  produk – produknya. Apalagi pipa adalah salah satu komponen dalam bangunan yang pastinya juga harus tahan terhadap gempa, terlebih Jepang merupakan negara yang sering kali terjadi gempa. Bila telah  memahami pernyataan tersebut maka kita tidak akan heran bila dinding pipa Rucika JIS lebih tebal daripada pipa Rucika Standard.

Namun lebih tipisnya dinding pipa Rucika Standard daripada Rucika JIS bukan berarti dapat disimpulkan bahwa pipa Rucika Standard adalah pipa yang tidak berkualitas. Pipa Rucika Standard tetap diproduksi dengan bahan yang sama dengan pipa Rucika JIS. Bahkan pipa ini pun harus lolos uji laboratorium untuk memastikan bahwa pipa ini berkualitas dan layak untuk digunakan sebagai saluran air. Hal sederhana yang dapat menunjukkan bahwa pipa Rucika Standard ini berkualitas adalah ketahanan terhadap tekanan air. Karena pipa ini mampu mengalirkan air dengan tekanan maksimal mencapai 10 Kg/cm2 sama seperti Rucika JIS.

Jadi kualitas Rucika Standard ini tidak perlu diragukan lagi, jangankan untuk mengalirkan air secara gravitasi, aliran air hingga tekanan 10 Kg/cm2 saja bisa dialirkannya sampai jauh.

 

-CFS-

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS