2 Oktober 2015,

ECliST

Mengenal Tentang Pipa PP-R, Rucika Kelen Green

Bahan logam sudah lebih dulu dikenal ketimbang polimer dalam suatu instalasi pipa air panas. Material logam yang terdiri atas galvanis dan tembaga diaplikasikan untuk water heater. Namun seiring waktu, pamor pipa logam mulai memudar, pipa itu mudah bocor lantaran sambungan (o-ring) yang terbuat dari karet tak mampu menahan tekanan air.

Penggunaan Material Polimer untuk Bahan Pembuatan Pipa

Seiring berjalannya waktu, material polimer (plastik khusus) yang lentur dan tahan terhadap tekanan air panas mulai digunakan sebagai pengganti logam. Polimer tidak berkarat dan tidak terkelupas, selain itu dibandingkan pipa besi, pipa polimer jauh lebih ekonomis. Instalasi pipa air berbahan polimer sangat mudah, tiap saat pipa bisa dilepas dan dipasang kembali. Karena elastis, pipa mampu menahan benturan dari pergerakkan tanah, misalnya gempa.

Teknik Jenis Pipa PP-R (Polypropylene Random)

Kini terdapat beberapa jenis pipa berbahan polimer, salah satunya yaitu PP-R (Polypropylene Random). Untuk PP-R, teknik sambungan antar pipa menggunakan alat pemanas khusus (welding machine ) yang suhunya mencapai 260ºC demi memudahkan pemasangan. Sistem penyambungan ini permanen dengan tujuan untuk mereduksi kebocoran. Jika ingin mengubah letaknya, cukup potong pipa, lalu dipanaskan lagi untuk penyambungan ulang.

Tentang Rucika Kelen Green

RUCIKA KELEN GREEN adalah suatu sistem perpipaan lengkap untuk saluran pipa air panas & dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Materialnya dari bahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80. Menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga hasil penyambungan menjadi homogen atau senyawa sehingga menjamin kekuatannya, anti kebocoran, bebas perawatan & didesain agar mampu digunakan hingga 50 tahun. Sistem ini dirancang untuk sistem sanitari & saluran bertekanan pada:

  • Perumahan, industri, rumah sakit, hotel dan apartemen.
  • Sistem udara bertekanan.
  • Sistem air minum dan makanan cair.
  • Agrikultur (greenhouse & taman).
  • Sistem transportasi asam dan cairan agresif.
Kelas, Ukuran dan Fungsi Pipa Rucika Kelen Green

RUCIKA KELEN GREEN menawarkan sistem pipa dan sambungan pipa (fitting) yang lengkap dengan standar DIN 8077, DIN 8078, DIN 16962 dan DIN 4726 mulai diameter luar 20 mm, 25 mm, 32 mm, 40 mm, 50 mm, 63 mm, 75 mm, 90 mm, dan 110 mm. Pipa RUCIKA KELEN GREEN tersedia dalam kelas PN 10, PN 16 dan PN 20. Sedangkan sambungan pipa nya tersedia lengkap dengan berbagai fungsi.

  • PN 10: Digunakan untuk mengaliri air dingin bertekanan.
  • PN 16: Digunakan untuk mengaliri air panas dan air dingin bertekanan.
  • PN 20: Digunakan untuk mengaliri air pasas bertekanan.

Referensi: ideaonline

Share This Post :

guest
5 Comments
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Yung
Yung
6 years ago

Bisa send catalog fitting trigris by email.

ardianto padang
ardianto padang
4 years ago
Reply to  Admin

Selamat siang Bpk/Ibu

bisa Kirim harga barang Pipa Polypropelyne PN 10
diameter 50, 40, 32, 25, 15 (mm)
dan peralatan bantuanya (Fitting-Fitting)

IMAN
IMAN
5 years ago

Boleh send katalog pada email saya? Terima kasih.

ADI JUMAEDY
ADI JUMAEDY
4 years ago

mohon cataloguenya di kirim ke kami include dengan welding machine serta accesories lainnya
sehubungan planning kami mengganti pipa galvanized ke bahan PPR

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS