Merencanakan Dapur Sebuah Restoran

proses mempersiapkan makanan pun dapat berjalan dengan lancar

Pada sebuah restoran, dapur merupakan area yang sangat penting, karena disinilah tempat untuk menghasilkan berbagai masakan. Oleh karena itu, sebuah dapur restoran perlu di rancang sedemikian rupa agar semua aktifitas berjalan dengan lancar, efisien, tidak boros dan aman.

Saat merencanakan membuat dapur perlu memikirkan beberapa hal yaitu menu yang akan disajikan, peralatan memasak, biaya, waktu pemesanan, alokasi tempat, keamanan dan sanitasi.

  1. Menu

Membuat menu adalah hal utama yang perlu dipikirkan pada saat merancang sebuah dapur restoran, karena hal ini dapat mempengaruhi berbagai hal termasuk peralatan yang akan dipakai, tempat penyimpanan bahan masakan, jumlah orang yang memasak, dll.

  1. Peralatan Memasak

Peralatan memasak bisa dibilang investasi jangka panjang, oleh karena itu pemilihan alat masak seharusnya perlu diperhatikan secara matang karena jika salah memilih maka dampaknya akan menyulitkan operasional sehari-hari.

  1. Biaya

Biaya sudah pasti adalah salah satu hal terpenting. Tentunya hal ini mencangkup seluruh hal yang diperlukan di dapur termasuk letak interior, alat masak, instalasi dan juga perawatan

  1. Waktu Pemesanan

Pemesanan barang-barang yang dibutuhkan untuk merancang dapur juga harus sangat diperhatikan. Jika beberapa alat masak berasal dari luar negeri atau pembuatan set dapur di dalam negeri membutuhkan waktu yang cukup lama, maka anda harus benar-benar memilih supplier atau vendor yang terpercaya jangan sampai menimbulkan kerugian baik biaya dan waktu

  1. Alokasi Tempat

Dalam hal ini hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar ruangan dan tempat yang diperlukan, seperti area masak, makan, penerimaan barang, pencucian, jalur keluar masuknya karyawan atau barang, dll.

  1. Keamanan

Jika anda membuat restoran, tentunya makanan dengan kualitas terbaik akan menarik banyak pelanggan. Oleh karena itu, pada saat menerima bahan makanan perlu adanya orang yang terpercaya untuk mengontrol apakah bahan makanan tersebut dapat diterima, dipertimbagkan atau ditolak.

  1. Sanitasi

Dengan sistem sanitasi air yang baik, maka proses mempersiapkan makanan pun dapat berjalan dengan lancar. Jangan sampai di saat anda menerima banyak pesanan, saluran air bermasalah. Sehingga pada saat merencanakan membuat dapur, maka material yang digunakan untuk sanitasi pun harusnya yang sudah dipercaya banyak orang. Wavin merupakan solusi yang tepat untuk sistem saluran air terlengkap, pipa Wavin beserta sambungannya adalah solusi yang tepat karena Wavin Rucika menyediakan berbagai macam jenis dan ukuran sesuai kebutuhan anda. Selain itu, material pelengkapnya seperti lem pipa PVC pun harus yang terbaik dan tepat untuk bahan pipa dan sambungan pvc seperti TRUGlue yang dapat merekat sempurna

Komentar

  1. sutrisno utomo mengatakan:

    perlu dibuatkan leaflet atau brosur..dalam rangka pemipaan yg inovativ terutama dengan pertimbangan lokasi yg sempit..dan efisiensidi tempat

Berikan kami pemikiran anda