Panas Dingin Industri Masa Kini

Panas Dingin Industri Masa Kini

Industri merupakan sektor yang dalam operasionalnya membutuhkan pipa untuk mengalirkan fluida baik cair maupun gas. Tentunya penggunaan pipa di industri berbeda dengan di rumah pada umumnya. Umumnya fluida yang dialirkan pun memiliki karakteristik yang tidak biasa, seperti suhu fluida yang tinggi atau rendah, kemudian juga tekanan fluida yang tinggi, atau fluida dengan pH asam maupun basa.

Air panas pada industri biasanya berasal dari hasil proses produksi atau ekses dari proses tersebut sedangkan air dingin biasa berasal dari chiller yang digunakan untuk mendinginkan bagian – bagian pada mesin produksi. Instalasi ini pun harus diperhitungkan secara detail agar ketika mencapai titik akhir, suhu air sesuai dengan yang diinginkan, karena air yang mengalir terlalu lambat dan suhu udara ambien yang tinggi akan turut mempengaruhi suhu air. Begitu pula dengan material, karakteristik material pipa yang mudah mentransfer kalor akan sulit menjaga suhu fluida yang mengalir di dalamnya, sehingga pemilihan material pipa penting untuk dipertimbangkan.

Untuk mengakomodir transportasi fluida ini tentunya harus didukung oleh pipa – pipa dengan spesifikasi khusus. Kita dapat menggunakan pipa RUCIKA KELEN GREEN untuk mengalirkan air panas ataupun air dingin dengan tekanan. Pipa ini didesain agar mampu meminimalisir perubahan suhu air akibat pengaruh dari suhu udara ambien, begitu pula sebaliknya, pipa ini juga mampu meminimalisir pelepasan kalor dari fluida yang dialirkan. Semakin tebal dimensinya maka akan semakin baik untuk mengisolasi fluida di dalamnya. Pipa yang terbuat dari bahan Polypropylene Random Type 3 (PPR Type 3) ini mampu mengalirkan air hingga suhu 70°C pada tekanan 8,5 bar dan hingga 30,3 bar pada suhu 10°C, sehingga pipa ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses produksi di dalam industri.

Selain tahan terhadap suhu tinggi, pipa PPR juga tahan terhadap berbagai bahan kimia termasuk bahan kimia dengan pH rendah (asam), berbeda dengan pipa dengan material logam yang justru akan bereaksi dengan asam. Karena ketahanannya terhadap bahan kimia membuat pipa PPR memiliki umur pakai yang panjang, seperti RUCIKA KELEN GREEN ini didesain dengan umur pakai hingga 50 tahun. Dengan umur pakai yang panjang ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi sektor industri  karena tidak perlu sering mengganti instalasi pipa dan pastinya proses produksi tidak akan terganggu.

Bersama Pipa & Fitting RUCIKA KELEN GREEN proses produksi terjamin.

CFS

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top