Panduan Membuat Sendiri Playpen dari Pipa PVC

Playpen atau area penjaga anak yang dibatasi dengan pagar, dapat dibuat sendiri. Harganya tak sampai berjuta rupiah. Bahan utama yang digunakan adalah pipa PVC.

Playpen pada umumnya digunakan untuk anak berusia antara nol hingga dua tahun. Fungsinya untuk menjaga anak tetap aman berada dalam jangkauan pengawasan, meski orang tua sedang berkegiatan lain di dalam rumah.

Inspirasi membuat playpen ini bisa Anda temukan di berbagai media sosial. Untuk memudahkan, kami rangkumkan alat dan cara pembuatannya sebagai berikut.

Untuk membuat playpen berukuran 200 cm x 200 cm x 60 cm, maka alat yang dibutuhkan adalah:

– pipa PVC Rucika Kelas AW ukuran ¾ inci dengan panjang 60cm sebanyak 60 batang

– pipa PVC Rucika Kelas AW ukuran ¾ inci dengan panjang 8cm sebanyak 112 batang (pipa incian untuk penyambungan Fitting Tee dengan Fitting Tee)

– pipa PVC Rucika Kelas AW ukuran ¾ inci dengan panjang 6cm sebanyak 8 batang (pipa incian untuk penyambungan Fitting Tee dengan Fitting Elbow)

–  Rucika Fitting Elbow (AW) ukuran ¾ inci sebanyak 8 buah

–  Rucika Fitting Tee (AW) ukuran ¾ inci sebanyak 120 buah

– 112 pipa Rucika ukuran 3/4 inci dengan panjang 8cm

– 8 pipa Rucika ukuran 3/4 inci dengan panjang 6cm

– Palu

– Gergaji

– Penggaris

Cara membuat:

– Bentuk playpen berupa persegi panjang dengan  rangkaian bagian atas  Rucika Fitting Elbow – Pipa Rucika 6cm – Rucika Fitting Tee – Pipa Rucika 8cm, dan seterusnya. Hingga setiap akhir rangkaian di sambungkan dengan Rucika Fitting Elbow. Tahap ini pun berlaku untuk rangkaian bagian bawah.

– Siapkan 15 batang pipa untuk setiap sisi (4 sisi).

– Gabungkan rangkaian bagian atas dengan bagian bawah dengan menyambungkan pipa Rucika kelas AW panjang 60cm dengan Rucika Fitting Tee secara presisi.

– Dalam menyambungkan Rucika Fitting dengan Pipa Rucika dalam tiap rangkaian dapat menggunakan alat bantu palu.

– Setelah semua rangkaian terhubung, pukul lagi dengan palu untuk memaksimalkan kekuatan sambungan.

Dalam pembuatan playpen, gunakan pipa PVC dari Rucika karena telah terkenal awet dan tahan lama. Pipa Rucika terbuat dari bahan uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride). Selain aman digunakan, bahan uPVC memiliki banyak kelebihan daripada material polimer lain, yaitu dibuat dengan calcium zinc (tanpa timbal), tahan terhadap korosi, kuat anti pecah, daya tahan tinggi, ringan sehingga mudah untuk mobilitas, mudah dalam penyambungan, dan pemeliharaan.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top