24 Desember 2020,

ECliST

Pentingnya Lubricant Pada Rubber Ring

Di Indonesia memiliki jenis – jenis pipa yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Mulai dari mengaliri air bersih, air panas, air limbah, gas, maupun untuk telekom. Dari berbagai macam jenis pipa tersebut tentunya memiliki cara atau proses penyambungan yang berbeda pula. Pipa PVC (polyvinyl chloride) yang banyak beredar dipasaran menggunakan sistem pengeleman dengan solvent cement. Pipa PP-R (Polypropylene Random Type 3) ataupun pipa HDPE (High Density Polyethylene)menggunakan jenis penyambungan fussion joint yang dimana terdiri dari : butt fussion, socket fussion, dan electro fussion. Berikut adalah beberapa macam jenis penyambungan pipa yang ada di Indonesia.

Jenis-Jenis Penyambungan Pipa Plastik
Jenis-Jenis Penyambungan Pipa Plastik

Dari berbagai macam jenis sambungan yang ada, pada artikel ini akan membahas tentang Rubber Ring Joint. Rubber Ring Joint merupakan jenis penyambungan pipa dengan menggunakan karet sebagai seal antar pipa. Sambungan ini sangat fleksibel dan sangat mudah dalam pengaplikasiannya. Agar memudahkan proses penyambungan rubber ring joint disarankan untuk menggunakan Lubricant. Lubricant merupakan pelumas yang terbuat dari zat kimia dan umumnya berupa cairan serta diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek.

Terdapat 2 jenis lubricant yang beredar dipasaran, yaitu oil – base dan water – base. Pada proses penyambungan pipa yang menggunakan rubber ring joint sangat disarankan untuk memakai lubricant dengan jenis water-base. Adapaun beberapa keunggualan menggunakan lubricant yang berjenis water-base, yaitu:

  1. Tidak mengandung minyak sehingga mudah larut dalam air
  2. Dapat digunakan untuk menyambungkan semua jenis rubber
  3. Tidak merusak sifat rubber
  4. Dapat diaplikasikan di permukaan yang kering ataupun basah
Rucika Lubricant
Rucika Lubricant

Maka dari itu penyambungan rubber ring joint menggunakan lubricant dengan jenis water-base merupakan pilihan yang sangat tepat. Rucika juga memiliki komitmen Solusi Total dengan menghadirkan Rucika Lubricant berjenis water-base.

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS