Pentingnya Menghargai Air Untuk Kehidupan Masa Depan

Pentingnya Menghargai Air Untuk Kehidupan Masa Depan

Hari air sedunia, sudah ditetapkan oleh PBB pada tanggal 22 maret, bukan tanpa alasan, hari air ini diciptakan. Tujuan adanya hari air sedunia ini, untuk menarik perhatian masyarakat international akan pentingnya air bersih dan juga menyadarkan kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sumber air bersih bagi kehidupan.

Ada yang berbeda hari air tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, hari air dirayakan ditengah-tengah pandemi Covid-19. Pandemi yang tak kunjung usai ini, membuat kita menjadi semakin lebih awas terhadap penyebaran virus Covid-19. Berbagai macam protokol disiapkan demi mencegah penyebaran virus ini seperti, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir

Air bersih di masa pandemi ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang utama guna mencegah penyebaran virus ini. Dengan air bersih, tentunya dapat menciptakan sanitasi yang aman dan higienis bagi kehidupan. Pola hidup bersih pada masyarakat sudah mulai menjadi sebuah budaya yang cukup melekat dikehidupan sehari-hari semenjak pandemi ini. Seperti protokol harus mencuci tangan dengan air bersih setiap berkunjung ke suatu tempat yang sudah menyediakan wastafel pada setiap pintu masuk , merupakan contoh hidup sehat dimasa pandemi ini

Selain sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari, air juga sudah menjadi budaya bagi bangsa Indonesia dari dahulu sampai sekarang. Banyak tradisi dari berbagai daerah yang menggunakan air sebagai bagian dari prosesi adat , seperti upacara melukat yang merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spritual dan dalam diri manusia, dilakukan turun-menurun oleh umat Hindu sampai saat ini.

Masih banyak budaya Indonesia lainnya yang menggunakan air sebagai media dalam melakukan sebuah tradisi. Tentunya air mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, selain sebagai aktifitas sehari-hari seperti minum, mencuci, dan lainnya, namun juga air sudah melekat di berbagai budaya seluruh Indonesia secara turun menurun. Layaknya Rucika yang sejak dulu digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengalirkan air dalam kehidupannya.

Menyadari penting dan berharganya air, tentunya kita harus lebih peka dan peduli dalam menggunakannya, untuk kehidupan dimasa depan yang lebih baik. Selamat Hari Air Sedunia 2021!

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top