Rucika Exoplas Dukung Geliat Pertumbuhan Pembangunan Proyek Residensial

Rucika Exoplas Dukung Geliat Pertumbuhan Pembangunan Proyek Residensial

Berdasarkan laporan tahunan dari BCI Economics, yaitu BCI Indonesia Construction Market Outlook 2021 berjudul “Preparing for Tomorrow – Indonesia’s 2021 Construction Market Recovery Outlook”, yang diselenggarakan oleh BCI Asia pada acara BCI Breakfast Briefing Webinar 2020 Kamis, 3 Desember 2020. Pasar konstruksi diharapkan kembali tumbuh pada pertengahan tahun 2021 dengan pemulihan secara bertahap mulai kuartal ketiga 2021, setelah penurunan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Pasar yang sedang menuju pemulihan ekonomi mungkin akan melambat sampai masalah kesehatan teratasi.

Meskipun pemulihan pasar konstruksi akan berjalan lambat, namun masih ada peluang pada proyek pembangunan gedung yang memulai konstruksi di tahun 2021. Pembangunan gedung diperkirakan tumbuh Rp 197,80 triliun pada tahun 2021 yang didukung oleh pertumbuhan pada sektor Perumahan dan Industri yang akan terus menjadi sektor unggulan dalam pemulihan perekonomian.

Kategori residensial diperkirakan akan mencapai nilai konstruksi Rp 52,46 triliun atau naik 48,71% pada tahun 2021. Geliat yang positif ini terjadi karena menguatnya penjualan pasar perumahan yang sebelumnya tertunda. Tren proyek perumahan baru akan terus berlanjut dan permintaan integrated township pasca wabah pandemi akan meningkat.

Selain itu, peningkatan konstruksi residensial juga dipicu oleh daya beli yang selama ini tertahan akan direalisasikan oleh konsumen. Faktor ekonomi makro, seperti suku bunga rendah dan harga properti yang relatif stagnan, serta inovasi yang dilakukan oleh developer untuk mersepon perubahan consumer behaviour selama pandemi COVID-19, turut mendukung tren positif residensial pada tahun 2021.

Nilai konstruksi residensial mencakup proyek rumah tapak (landed house) dan hunian vertikal (apartment). Rumah tapak masih mendominasi proyek residensial, baik pada tahun 2020 dan 2021. Pada tahun 2020, komposisi antara landed house dan apartment masing-masing 72,22% dan 27,78%. Tahun 2021, diperkirakan kontribusi apartment akan meningkat mulai kuartal ketiga dengan kontribusi 42,89%, sedangkan kontribusi landed house sebesar 57,11% terhadap total nilai konstruksi proyek residensial. Peningkatan ini terjadi karena proyek apartemen yang tertunda akan menjadi prioritas untuk dimulai kembali

Dalam memenuhi proyek pembangunan residensial ini, sistem air bersih dan air limbah tentunya sangat diperhatikan. Salah satunya distribusi air bersih dari produsen air (PDAM) ke para konsumen di kawasan residensial perlu mendapat perhatian, dengan instalasi yang benar dan menggunakan pipa yang baik dan berkualitas. Contohnya Rucika Exoplas, dapat menjadi solusi sistem perpipaan pada distribusi air bersih di kawasan perumahan atau residensial ini. Pipa PVC-O Rucika Exoplas merupakan pipa yang dirancang khusus untuk aplikasi air bersih bertekanan, sangat tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan distribusi air bersih masyarakat di perkotaan maupun pedesaan.

Pipa Rucika Exoplas dibuat dari material Poly (vinyl chloride) dan diproduksi melalui proses yang telah dipatenkan, yaitu dengan proses produksi Biaxial. Berdasarkan konsep peregangan molekul proses Biaxial:

  • Menghasilkan struktur dinding yang kuat,
  • Meningkatkan kekuatan mekanik dan ketangguhan material seperti (gambar 1) dibawah ini

Gambar 1.

Proses Biaxial menghasilkan molekul yang dapat menahan lebih banyak beban, yang menjadi kekuatan pipa PVC- O (Gambar 2)

single layer & increase force

Gambar 2.

 Dengan keunggulan tersebut menjadikan Rucika Exoplas pipa yang kuat terhadap tekanan air dalam pipa maupun terhadap beban point loading atau daya bentur. Ketahanan terhadap beban “point loading” atau kondisi galian yang secara tidak sengaja menyebabkan pipa Rucika EXOPLAS mengalami beberapa titik beban. Disamping itu tidak memerlukan timbunan material Iain di sekitar pipa untuk proses penanaman dalam tanah.

Selain itu pipa Rucika Exoplas bersifat fleksibel sehingga lebih menghemat kebutuhan sambungan bend 11° sampai dengan bend 22°. Memiliki berat 2 kali lebih ringan dibandingkan pipa PVC-U dan HDPE, serta 7 kali lebih ringan dibandingkan pipa besi. Hal ini dapat menghemat biaya instalasi pipa karena material yang ringan sehingga tidak memerlukan bantuan alat berat.

Penyambungan pipa Rucika Exoplas menggunakan sistem rubbering AngerlockTM yang terdiri dari 2 material yaitu EPDM rubber dan polypropylene. Sistem ini berfungsi sebagai mekanisme penyambungan dan penahan air keluar dari instalasi sekaligus sebagai sistem pengunci. Dengan berbagai keunggulan tersebut Rucika Exoplas merupakan sebuah jawaban dan solusi sistem perpipaan yang tepat untuk proyek residensial dalam mendistribusikan air bersih sambungan rumah – rumah penduduk.

RNA

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top