Sejarah Perpipaan dari Zaman Dulu Hingga Sekarang

Sejarah Perpipaan dari Zaman Dulu Hingga Sekarang

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering menggunakan pipa PVC Rucika dalam mengaliri air kan, mulai dari mengaliri air bersih sampai dengan mengaliri air buangan. Tahukah Sahabat Rucika, kalau pipa PVC Rucika yang sering kita gunakan, ternyata telah melewati sejarah panjang loh. Sahabat Rucika ingin tahu? 

Pipa sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, pada saat itu warga menggunakan bahan material logam untuk membuat sebuah pipa. Pipa dengan material logam ini dinilai mampu menahan tekanan air yang tinggi serta kuat menahan benturan.

Kemudian oleh bangsa Romawi, pipa dengan bahan logam tersebut mulai diaplikasikan untuk mengaliri air ke berbagai tempat, seperti pemandian umum, toilet, air mancur, rumah pribadi, pertanian dan taman.

Setelah menggunakan pipa berbahan logam ini, mulai ditemukan beberapa kekurangan, seperti, air yang mengalir berbau logam, dan tekstur pipa yang tidak lentur. 

Pada tahun 1835, ahli kimia dari Prancis, Henri Victor Regnault, menemukan pipa PVC. Kemudian tahun 1872, Eugen Baumann juga menemukan pipa PVC. Namun, penemuan pipa PVC tersebut belum mendapatkan hasil yang maksimal, karena pipa PVC tersebut tidak lentur. 

Pada tahun 1920, berkat terobosan dari B.F Goodrich Company, akhirnya pipa PVC mulai mengalami sedikit perubahan yaitu sedikit lebih lentur dan tidak kaku. Hal ini lah yang membuat pipa PVC ini mulai banyak dilirik dunia. Jerman pun menjadi negara pertama yang menggunakan pipa PVC untuk mengaliri air. 

Setelah sukses di negara Jerman, akhirnya negara Amerika Serikat pun makin memperkenalkan pipa ini ke masyarakat dunia di tahun 1950an. Dimana, untuk menarik minat masyarakat, pipa yang sudah ada sebelumnya mulai dilakukan banyak perbaikan sekaligus ditambahkan dengan berbagai material khusus pipa. Semenjak itu sampai saat ini, masyarakat pun sudah menggunakan pipa PVC ini. Di Indonesia, pipa PVC Rucika telah menjadi produk unggulan yang sudah tersebar di seluruh Nusantara.

Pipa PVC Rucika telah mengaliri air di setiap sendi kehidupan mulai dari Sabang sampai Merauke. Rucika juga sudah lama hadir lebih dari 45 tahun di Indonesia, menemani masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan air setiap hari.

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top