27 Juni 2022,

ECliST

Sistem Plumbing Air Bersih Pada Gedung Bertingkat Secara Prinsip dan Fungsi

Pergeseran pola pembangunan semakin nampak terlihat di era sekarang ini. Pola pembangunan lama, yakni pola pembangunan horizontal perlahan mulai berubah dengan pembangunan vertikal berupa pembangunan gedung-gedung bertingkat. Hal ini tidak lain dikarenakan keterbatasan lahan yang tersedia untuk kawasan permukiman dan perkantoran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penyelesaian masalah penyedian wilayah permukiman ataupun perkantoran tanpa harus mengunakan banyak lahan yaitu melalui pembangunan gedung bertingkat.

Dalam pembangunan gedung bertingkat, dibutuhkan perancangan yang matang dari berbagai aspek, termasuk sistem plambing agar para penghuni dapat merasakan kenyamanan ketika berada pada sebuah bangunan gedung. Fungsi dari peralatan plumbing adalah pertama, untuk menyediakan air bersih ke tempat-tempat yang membutuhkan dengan jumlah aliran serta tekanan yang sesuai dan kedua membuang air kotoran dari tempat-tempat tertentu dan tetap menjaga kebersihkan tempat-tempat yang dilaluinya.

Dalam perancangan sistem plumbing air bersih, terdapat hal penting yang harus diperhatikan yaitu kualitas air yang akan didistribuisikan, sistem peyediaan air yang akan digunakan, pencegahan pencemaran air dalam sistem, laju aliran dalam pipa, kecepatan aliran dan tekanan air, serta permasalahan yang mungkin akan terjadi jika dilakukan penggabungan antara cadangan air bersih dan pencegahan pemadam kebakaran dijadikan satu sumber air.

Pada instalasi plumbing sering kita temukan tekanan air yang kurang sehingga debit aliran air bersih mengalir dengan debit yang kecil terutama pada lantai teratas dari bangunan dikarenakan tekanan air bersih yang digunakan dibawah tekanan minimal yang dipersyaratkan yaitu 0,5 kg/cm² atau 5 mka (meter kolom air). Pada perancangan sistem plumbing ini diperlukan sistem distribusi air bersih yang sesuai dengan jenis bangunan sehingga tekanan dan debit aliran air bersih pada masing-masing lantai terpenuhui.

Guna mendukung aspek-aspek yang dijelaskan diatas terkait distribusi air bersih pada bangunan bertingkat, PT. Wahana Duta Jaya Rucika terus memberikan inovasi terbaru berbagai produk sistem perpipaan. Bekerjasama dengan Ke Kelit dari Austria, RUCIKA KELOX merupakan pipa multilayer berkualitas premium seperti plastik (PE-RT), lapisan perekat dalam, aluminium, lapisan perekat luar dan lapisan pelindung luar yang khusus untuk air panas dan dingin bertekanan.

Pipa RUCIKA KELOX adalah pipa yang mudah dibengkokan sesuai jalur yang di inginkan tanpa mengunakan lem dalam proses penyambungan antara pipa dan fitting (push fitting), membuat proses instalasi pipa ini lebih cepat dan hemat waktu pemasangan. Selain itu, kelebihan lainnya adalah tahan suhu panas dan dingin mulai dari 0°C – 80°C dan memiliki diameter kecil dari 16-25mm sehingga sangat depat jika dipalikasikan pada bangunan bertingkat seperti instalasi air panas, instalasi air dingin dan instalasi air minum karena sudah berstandar foodgrade.

Share This Post :

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

OUR PRODUCTS

SORT BY

OUR PROJECTS