fbpx

Solusi Banjir Ibukota

SOLUSI BANJIR IBUKOTA

Sudah menjadi hal yang umum bila kota – kota besar di Indonesia mengalami banjir. DKI Jakarta merupakan salah satu kota besar yang mengalami permasalahan dalam menghadapi banjir. Terjadinya banjir dibeberapa ibu kota disebakan karena tanah yang kurang maksimal dalam menyerap air hujan. Seharusnya persentase air hujan yang diserap kedalam tanah sebesar 80% dan sisanya sebesar 20% akan mengalir menuju laut. Dengan adanya urbanisasi yang dimana berpindahnya penduduk desa ke kota menyebabkan pembukaan lahan dilakukan secara besar – besaran untuk di bangun hunian. Hal tersebut yang menyebabkan persentase air hujan yang diserap kedalam tanah menjadi berubah yaitu 20% air hujan yang diserap oleh tanah dan 80% air tidak terserap kedalam tanah sehingga menyebabkan banjir. Karena adanya perubahan dalam hal persentase tesebut wajar bila beberapa ibukota di Indonesia mengalami masalah banjir.

Dengan permasalahan tersebut Rucika menawarkan solusi untuk mengatasi banjir di beberapa ibukota. Rucika bekerjasama dengan perusahaan asal Jepang yaitu Maezawa untuk menghadirkan sebuah inovasi untuk mengatasi masalah banjir. Rucika Rainwater Sytem merupakan sebuah tangki reservoir air yang dipasang didalam tanah serta memiliki 2 kegunaan yaitu sebagai tangki penyimpanan atau peresapan air hujan. Rucika Rainwater System terbuat dari bahan daur ulang (recycled polypropylene). Berikut keunggulan dari Rucika Rainwater System, yaitu:

  1. Sistem penyambungan knock-down
Sistem-penyambungan-knock-down

Proses penyambungan Rucika Rainwater System menggunakan sistem knock-down yang memberikan kemudahan dengan merakit blok-blok tanpa alat penyambungan apapun dan sistem  ini menyerupai permainan lego.

  1. Memiliki daya tampung yang besar

Rucika Rainwater System memiliki daya tampung yang besar, maksimal 96.59%

  1. Pembebanan vertikal dan horizontal

Telah dilakukannya tes pembebanan pada Rucika Rainwater System secara vertikal maupun horizontal dengan hasil :

Pembebanan vertikal dan horizontal
ketahanan beban vertikal
Tabel 3.1. Ketahanan Beban Vertikal

Dapat terlihat dari tabel 3.1 tersebut bahwa Rucika Rainwater System dapat menahan beban secara vertikal sampai dengan 25 Ton.

Dapat terlihat dari tabel 3.2 tersebut bahwa Rucika Rainwater System dapat menahan beban secara horizontal sampai dengan 14 Ton

  1. Tahan Gempa
Tahan gempa

Berdasarkan hasil pengujian test ketahanan gempa yang telah dilakukan, Rucika Rainwater System dapat menahan hingga 8 SR.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top