15 Desember 2023,

admin_rucika

Songsong Tahun Baru dengan Nuansa Alam di Ruang Tamu, Berikut Tipsnya!

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan kembali nuansa di dalam rumah terutama di ruang tamu. Maka, nuansa alam adalah pilihan paling tepat untuk Sahabat Rucika hadirkan di dalamnya.

Berbagai dampak positif di dalamnya seperti menjadi lebih asri, membantu menghilangkan kepenatan, menjernihkan pikiran, hingga meningkatkan kualitas atmosfer ruangan. Sahabat Rucika dapat mendesain ulang ruang tamu dengan menaruh beberapa elemen alam di dalamnya atau bahkan menggantinya dengan suatu hal yang baru.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengubah nuansa ruang tamu agar menjadi lebih asri? Simak tips berikut ini!

1. Menaruh tanaman indoor

Ini adalah cara yang kerap kali digunakan oleh para pemilik rumah untuk membuat suasana ruang tamu menjadi lebih asri. Namun Sahabat Rucika perlu mencari tahu lebih dalam mengenai jenis tanaman mana yang dapat bertahan di dalam ruangan. Beberapa contoh tanaman yang dapat hidup di dalam ruangan yaitu Tanaman Dolar, Monstera Deliciosa, Aglaonema Merah, dan Tanaman Pilea.

2. Menghidupkan nuansa alam dengan vertical green

Vertical Green adalah sebuah cara kekinian untuk menghidupkan sebuah ruangan agar menjadi lebih asri. Pada dasarnya, vertical green merupakan tanaman rambat yang dipasang tegak lurus dan langsung menghadap sinar matahari maka dari itu, Sahabat Rucika dapat menempatkan tanaman ini di dinding ruang tamu karena selain menghidupkan nuansa alam, ini juga berguna untuk menambah nilai estetika desain ruang tamu.

3. Warna dan lukisan yang selaras

Menghidupkan nuansa alam di ruang tamu juga dapat dimulai dari permainan warna dan penempatan lukisan di dalamnya. Jika hijau menjadi pilihan Sahabat Rucika, maka kalian dapat bermain dengan tingkatan warna yang lebih gelap dan terang. Kalian juga dapat mengkombinasikannya dengan warna-warna lain seperti cokelat, merah marun, dan kuning. Selanjutnya, menaruh lukisan dengan tema botanical akan sangat menambah nilai estetika ruang tamu dan memanjakan mata yang berada di dalamnya.

4. Menghadirkan warna-warni melalui bunga

Jika kalian telah menentukan tanaman indoor yang akan tepat, Sahabat Rucika juga bisa bermain dengan warna yang lebih berani melalui penempatan bunga menggunakan vas atau pot pada beberapa spot di ruang tamu. Desain ruang tamu kalian terlebih dahulu untuk memastikan tidak adanya penumpukan warna yang terjadi di satu titik. Beberapa contoh bunga yang dapat kalian tanam di dalam ruang tamu adalah Anggrek, Amarilis, dan Alstroemeria.

5. Memakai kayu sebagai material

Menghidupkan suasana alam di ruang tamu rasanya kurang lengkap tanpa menggunakan kayu sebagai material perabotan. Selain itu, jika kalian merawat dengan baik maka kayu juga termasuk ke dalam material yang dapat bertahan lama. Bahkan tak jarang, barang-barang antik yang masih bertahan hingga sekarang adalah barang-barang yang berbahan dasar kayu, terutama kayu jati. Maka dari itu kalian dapat membangun nuansa alam sekaligus menghemat untuk jangka panjang.

6. Mempertimbangkan arah jatuhnya bayangan

Memperbarui nuansa menjadi asri pada ruang tamu dapat pula melalui bayangan yang dihasilkan oleh beberapa objek alam yang ada di dalamnya. Kalian perlu mendesain ruang tamu terlebih dahulu untuk menaruh tanaman dan bunga yang telah dipersiapkan agar bayangan yang jatuh dapat terlihat indah dan menambah estetika ruang tamu.

Tips-tips di atas dapat Sahabat Rucika aplikasikan untuk mendesain ruang tamu kalian agar menjadi lebih asri. Jangan lupa untuk memperhatikan detail dari setiap spot agar ruangan tidak hanya berpusat pada satu titik melainkan dapat merata dan harmonis satu sama lainnya!

Share This Post :

guest
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Moriah Schimmel
Moriah Schimmel
13 days ago

I’m constantly amazed by the depth of your knowledge on these subjects.

OUR PRODUCTS

SORT BY