Taman Ganesha ITB Gunakan Sistem Penyimpanan Air Hujan dari Rucika

Taman Ganesha Menggunakan Rucika Rainwater System

Taman Ganesha ITB tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Taman yang berlokasi di Bandung ini sangat asri dan menjadi tempat favorit bersantai tidak hanya bersama sahabat, tetapi juga bersama keluarga. Memiliki area yang sangat luas, banyak pepohonan yang rindang, kolam air mancur dan dilengkapi dengan fasilitas bangku taman sampai dengan wifi di area taman, sangat tepat menjadi tujuan anda yang bosan dengan hingar bingar mall dan ingin menikmati alam.

Sejak revitalisasi beberapa tahun yang lalu, taman yang juga berfungsi sebagai tempat alternatif para mahasiswa ITB untuk belajar ini semakin berkembang dengan memperhatikan lingkungan. Sadar akan luasnya taman dan iklim Indonesia yang tropis baik musim hujan dan kemarau, Taman Ganesha ini pun memasang sistem penampungan air hujan modern dari Rucika yang saat ini bernama Rucika Rainwater System dengan material dari Polypropylene sehingga tahan lama dan mudah dalam mengaplikasikannya. Pentingnya daerah resapan air adalah untuk menurunkan kemungkinan terjadinya banjir karena dapat menghindari genangan air hujan yang banyak, sehingga air hujan yang masuk ke dalam tanah dapat diserap dengan maksimal untuk digunakan kembali sebagai air bersih, terlebih saat musim kemarau melanda.

Rucika Rainwater System yang digunakan pada taman Ganesha tahun 2014 yang lalu sangat mudah diaplikasikan dengan menggunakan cover geomembrane untuk penyimpanan air dan geotextile untuk resapan air. Sistem penyimpanan air yang digunakan pada taman ini menggunakan sekitar 640 unit dengan 128 m³ penyimpanan. Sebagai solusi total sistem perpipaan, Rucika tidak hanya menyediakan berbagai jenis pipa dan sambungannya, tetapi juga berbagai sistem perpipaan lainnya termasuk sistem pengendalian air hujan.

 

SHARE

rucikaadmin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top