Tips Menanam Sayur di Rumah Di Saat Pandemi

Tips Menanam Sayur di Rumah Di Saat Pandemi

Ada satu pelajaran yang bisa diambil ketika terjadi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Ketahanan pangan itu sangat penting. Dan ini bukan hanya peran dari petani. Setiap orang bisa ikut menjaga ketahanan pangan, setidaknya dengan cara menanam sayuran di rumah dengan menggunakan Pipa PVC sebagai media tanamnya.

Pernah dengar istilah tanaman hidroponik? Ini cara menanam yang sangat trending beberapa tahun terakhir. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan tanaman hidroponik ini begitu digemari. Yang pertama, banyak orang yang ingin punya taman di rumah. Namun, seringkali taman diganti dengan perkebunan. Jadi, nuansa hijau ada. Dan ada juga yang bisa dimanfaatkan, seperti menanam sayur untuk dikonsumsi sendiri.

Selain itu, ada juga faktor yang lain. Banyak orang yang ingin hidup sehat. Caranya, dengan menanam sayuran organik sendiri di rumah.

Entah apa yang ada di pikiran Anda. Yang pasti, apapun itu alasannya, Anda bisa memiliki tanaman hidroponik sendiri. Apalagi di saat pandemi seperti saat ini, yang paling dibutuhkan adalah ketahanan pangan.

Dalam hal ini, Anda bisa mulai memikirkan bagaimana cara menanam tanamam hidroponik. Ini bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu melakuka dua hal. Yang pertama, siapkan media tanam berupa hidroponik. Anda bisa cari tutorialnya di blog atau di youtube. Anda hanya perlu menyiapkan pipa PVC. Anda bisa dapatkan pipa ini di toko bangunan. Lalu, rangkai pipa tersebut sehingga menjadi media tanam hidroponik.

Setelah itu, tentukan tanaman apa yang ingin Anda tanam. Sangat disarankan Anda menanam sayuran yang cepat tumbuh yang cocok ditanam di media hidroponik. Misalnya saja bayam. Ini sayuran yang bisa Anda masak setiap hari, entah dijadikan sup bayam ataupun pecel bayam.

Selain bayam, ada juga jenis tanaman lainnya yang cocok, seperti kacang-kacangan, daun bawang, kemangi, cabai, tomat, dan lain sebagainya. Yang pasti, buat space yang ada di dalam rumah Anda terlihat hijau dan segar.

Jadi, kapan Anda mulai menanam tanaman hidroponik? Jika Anda merasa tidak mampu untuk membuat media tanam sendiri, Anda bisa pesan di tempat yang jual hidroponik. Namun, pastikan bahan pipa PVC yang digunakan berkualitas seperti Rucika. Ini penting agar media tanam hidroponik Anda bisa tahan lama. Jadi, tinggal Anda ganti jenis tanamannya, tak perlu ganti hidroponiknya.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top