Tips Menyambungkan Pipa PVC dengan RUGlue

Tips Menyambungkan Pipa PVC dengan RUGlue

Proses penyambungan pipa memegang peran penting dalam keberhasilan instalasi perpipaan. Cara pemasangan pipa yang kurang tepat akan berakibat pada kebocoran pipa. Untuk memastikan proses penyambungan pipa tepat, selalu gunakan RUGlue.

Langkah yang harus diperhatikan dalam proses penyambungan agar hasilnya sempurna adalah sebagai berikut.

1. Ujung pipa harus dilakukan proses chamfering ( memberikan sudut pada ujung spigot ) menggunakan alat chamfer pipa, gerinda atau kikir.

Ada dua bentuk sudut chamfer, yaitu 15 derajat untuk pipa SNI dan 45 derajat untuk pipa retail. Pipa SNI yaitu Pipa Rucika Safe. Sementara, pipa retail yakni pipa Rucika Standard dan Rucika JIS yang banyak digunakan pada sektor retail/rumah.

2. Bersihkan permukaan spigot menggunakan kain lap.

Proses pembersihan ini sebaiknya tidak menggunakan amplas karena membuat permukaan menjadi kasar. Selain itu, amplas akan membuat bentuk pipa menjadi oval. Akibatnya, lem tidak merata pada permukaan pipa.

3. Ukur  kedalaman socket fitting menggunakan penggaris atau meteran.

Pengukuran ini bertujuan untuk mengukur penetrasi spigot terhadap fitting agar menunjang penyambungan secara sempurna. Kemudian, tandai bagian spigot pipa yang akan disambung sesuai dengan ukuran kedalaman fitting

4. Oleskan lem RUGlue secara merata dan secukupnya

Harus diingat, yang pertama kali dioleskan  RUGlue adalah fitting, bukan pipanya. Mengapa? Sebab, solvent cement merupakan material yang mudah menguap. Ketika  RUGlue dioleskan di permukaan luar terlebih dahulu, maka akan menguap dan cepat mengering. Setelah oleskan RUGlue ke fitting dilanjutkan oleskan ke pipa yang akan disambung

5. Masukkan pipa ke dalam fitting.

Tekan spigot hingga batas garis yang telah diukur tanpa gerakan memutar. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan kedalaman persenyawaan maksimal untuk membuat kekuatan penyambungan yang sempurna.

6. Bersihkan sisa lem.

Segera bersihkan sisa lem yang masih menempel di badan pipa dan fitting. Jika tidak segera dibersihkan, maka sisa lem akan menimbulkan pelemahan pada proses penyambungan.

7. Setelah mengering, instalasi pipa siap digunakan untuk mengalirkan air.

Waktu ataupun durasi pengeringan solvent cement RUglue berbeda-beda pada setiap ukuran pipa. Semakin besar ukuran pipa, waktu pengeringannya (curing time) akan semakin lama. Maka dari itu penting untuk dapat mengetahui hal ini.

Dalam proses penyambungan pipa, ingatlah untuk selalu menggunakan RuGlue. Formula dan teknologi terkini dalam proses pembuatan RUGlue membuat RUGlue unggul dibandingkan lem pipa PVC lainnya. Lem pipa dan sambungan (fitting) RUGlue dapat digunakan untuk mensenyawakan (solvent cement) pipa dan sambungan PVC untuk kebutuhan rumah tangga maupun proyek-proyek besar.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top