Trik Sederhana Ketika Mendesain Pembuangan Air Anti Mampet

Trik Sederhana Ketika Mendesain Pembuangan Air Anti Mampet

Sangat menjengkelkan ketika pembuangan air tidak lancar. Lantai bisa penuh dengan air karena tidak lancarnya sistem pembuangan tersebut. Akibatnya, rumah menjadi becek, jorok, dan yang lebih menyebalkan lagi, hal ini mengundang penyakit.

Oleh sebab itu, harus dipikirkan matang-matang ketika membangun rumah. Jangan sampai rumah sudah jadi tapi sistem pembuangan kurang bagus. Ini bisa berakibat fatal. Anda harus membongkar lantai karena pipa pembuangan berada di bawah lantai rumah.

Mengapa Pembuangan Air Mampet?

Ada banyak sekali yang menyebabkan pembuangan air mampet. Salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah sampah. Ini biasanya terjadi pada wasbak atau wastafel. Sisa makanan yang masuk ke dalam saluran pembuangan menyebabkan penyumbatan.

Namun, muncul satu pertanyaan lagi. Mengapa sisa makanan dapat menyumbat? Bisa jadi ini disebabkan adanya jenis pipa elbow yang terlalu kecil. Hal inilah yang membuat sisa makanan kecil yang seharusnya bisa keluar dengan mudah, tersangkut. Semakin banyak sisa makanan yang tersangkut di pipa sambungan elbow, semakin sulit air untuk keluar. Akibatnya, pembuantan air tidak lancar.

Lain hal dengan pembuangan air di kamar mandi. Pemampetan sering terjadi dikarenakan rambut yang rontok. Rambut tersebut masuk ke lubang pembuangan lalu membuat aliran air tidak lancar.

Akan tetapi, Anda tidak boleh hanya menganggap kotoran semacam itu yang menyebabkan sambungan air mampet. Bisa jadi desain pembuatan saluran pembuangan air yang salah. Dan ini sebenarnya yang sangat perlu diperhatikan.

Agar Saluran Pembuangan Air Lancar

Seringkali orang lebih memperhatikan bagaimana tampilan atau desain rumah ketika ingin membangun rumah. Ia lupa pentingnya sistem drainase atau sistem pembuangan air. Sangat wajar karena sistem ini tidak terlihat dari luar. Mungkin hanya orang-orang yang bergerak di bidang arsitektur saja yang punya perhatian terhadap yang satu ini.

Jika Anda akan atau sedang membuat rumah, Anda harus perhatikan desain pembuangan airnya agar Anda tidak kecewa nantinya. Jangan sampai Anda repot sendiri lantaran air tidak keluar dengan lancar dan terjadi pemampetan.

Lalu, apa yang harus diperhatikan?

  1. Posisi Lantai

Salah satu pembuangan air itu ada di kamar mandi. Sebaiknya, lubang pembuangan berada di lantai yang landai. Pastikan lantai kamar mandi tidak rata. Lantai harus sedikit landai agar air mengalir pada sisi lantai yang lebih rendah. Dengan demikian, air mengalir cepat ke lubang pembuangan air dan tidak menyebabkan pemampetan.

Lantai kamar mandi landai
  1. Gunakan Tutup Buangan yang Tepat

Meskipun lantai sudah landai, bisa saja air tidak keluar dengan lancar. Ada faktor penyebab lainnya, yaitu tutup buangan air. Sebaiknya, pilih desain tutup pembuangan air yang memungkinkan air bisa keluar lebih cepat. Pada saat yang sama, tutup tersebut mampu mencegah rambut yang rontok masuk dan menyumbat sistem pembuangan air.

tutup buangan harus tepat
  1. Pilih Pipa yang Sesuai Kebutuhan

Gunakan pipa yang terbaik. Pipa pembuangan air harus yang paling kuat karena pipa ini akan ditanam di bawah lantai. Perhatikan ukuran pipa. Semakin besar ukuran pipa, maka itu lebih baik. Karena pipa yang lebih besar akan membuat aliran air lebih deras.

  1. Sistem Perpipaan yang Benar

Yang tak kalah penting adalah sistem pemipaan. Hindari menggunakan terlalu banyak pipa sambungan elbow. Karena sistem semacam ini bisa membuat aliran air tidak begitu lancar. Kalaupun harus menggunakan sambungan pipa elbow, pastikan sambungan tersebut berada di posisi yang rendah sehingga pertemuan air dari dua atau lebih sumber buangan tidak bermasalah. Terlebih saat ini Rucika sudah mengembangkan produknya seperti Rucika Hygienic System Access Fitting yang dapat mengontrol saluran air buangan dengan mudah tanpa mengurangi estetika di rumah Anda karena bentuknya yang sangat simple dan dapat diaplikasikan baik di dalam atau luar ruangan

Dari beberapa hal tersebut, yang terpenting adalah kualitas pipa air. Sebaiknya, gunakan pipa merk Rucika yang tidak hanya kuat tapi memiliki pemukaan yang halus. Ini juga sangat mempengaruhi kelancaran pembuangan air. Selain itu, Rucika juga menyediakan semua jenis sambungan sesuai dengan yang Anda butuhkan untuk membuat sistem pembuangan air.

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top