Varian Produk Rucika Jacking System

Varian Produk Rucika Jacking System

Pemasangan pipa dengan metode microtunneling/jacking merupakan metode pemasangan pipa dengan pengeboran di bawah permukaan jalan dan dibantu dengan tekanan hidrolis atau dengan bantuan alat hydraulic jack. Dengan metode ini tanah hasil pengeboran menjadi lumpur yang kemudian dibawa ke tempat penampungan untuk diolah agar tanah dengan air terpisah kembali.

Sebagaimana telah dijelaskan pada beberapa artikel tentang jacking sebelumnya, bahwa metode ini memiliki banyak keuntungan terutama pada instalasi di daerah padat penduduk. Dilansir dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 04/PRT/M/2017 Tentang Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik, klasifikasi pemasangan pipa metode microtunneling/jacking dapat dibagi menurut diameter pipa, jenis galian, penggunaan dan tujuan seperti berikut :

Gambar Klasifikasi pemasangan pipa metode microtunneling jacking

Gambar: Klasifikasi pemasangan pipa metode microtunneling/jacking

Metode jacking pipa diameter kecil merupakan pipa berdiameter kurang dari 700 mm dan pekerja tidak diizinkan masuk ke dalam pipa, semua kegiatan yang dibutuhkan untuk pemasangan pipa dengan metode microtunneling/jacking seperti kontrol mesin, pengeluaran hasil galian, pengukuran elevasi, dilakukan dengan pengendalian jarak jauh. Material pipa dapat menggunakan jenis pipa beton (RC pipe), pipa PVC dan pipa baja. Pada umumnya metode  pemasangan pipa diameter kecil dilaksanakan menggunakan metode pengeboran dengan sistem penyemprotan cairan (slurry pressure balance type).

Berdasarkan gambar di atas, pipa PVC Rucika Jacking termasuk pada kategori Metode Jacking Pipa Diameter kecil. Mengacu pada standar Japan Sewage Works Association Standard K – 6 (JSWAS K-6). PipauPVC khusus untuk metoda jacking systemini memiliki 2 tipe varian :

1.      Tipe Collar (metoda sambungan collar)

Yakni pipa jacking yang menggunakan collar sebagai  metode penyambungan nya.

Tipe ini terdiri dari 3 bagian utama yakni, Head leading pipe, standard pipe & collar.

Tipe Collar (metoda sambungan collar)

a.       Head Leading Pipe

Merupakan pipa yang salah satu sisinya dilengkapi rubber, dipasang diawal & diakhir instalasi pipa

Head Leading Pipe

b.      Standard Pipe

Merupakan Pipa yang kedua sisinya dilengkapi rubber, dipasang di tengah instalasi pipa

Standard Pipe

c.       Collar

Merupakan penyambung pipa dengan Material terbuat dari Stainless Steel SUS 304

Collar

2.                  Tipe Ulir (metoda sambungan ulir)

Yakni pipa jacking yang menggunakan ulir sebagai  metode penyambungan nya.

Tipe ini terdiri dari 3 bagian utama yakni, Head leading pipe, standard pipe &closing pipe.

Tipe Ulir

a.       Head Leading Pipe

Merupakan pipa yang salah satu sisinya berulir pada permukaan dalam, dipasang di awal instalasi pipa

Head Leading Pipe

b.      Standard Pipe

Merupakan pipa yang kedua sisinya berulir pada permukaan dalam dan luar, dipasang di tengah instalasi pipa

Standard Pipe

c.       Closing Pipe

Merupakan pipa yang salah satu sisinya berulir pada permukaan luar, dipasang di akhir instalasi pipa

closing pipe

Dengan adanya kedua varian pipa Rucika Jacking tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pipa pada metode instalasi jacking sesuai dengan lingkup pemakaian atau aplikasinya. Adapun lingkup pemakaian dari Pipa Rucika Jacking, yakni:

1. Pipa Rucika Jacking PVC menggunakan “metode bantalan beban rendah”, dan ditujukan untuk jacking pada mesin yang dilengkapi dengan peralatan pengukur yang dapat secara konstan memeriksa daya jacking yang diterapkan pada pipa. Jangan menggunakan mesin jacking dengan “direct jacking method” karena akan merusak pipa. Tabel di bawah ini menunjukkan kapasitas beban propulsi pipa uPVC jacking berdasarkan JSWAS K-6:

Diameter Nominal150200250300400
kN62.4111.6204.1322.2476.1
tf6.311.320.832.848.5

Menambahkan daya jacking pada pipa melebihi angka tersebut dapat merusak pipa.

2. Dapat diterapkan pada tanah kohesif (tanah humus, liat berdebu, liat debu berpasir, liat berlempung, liat lempung berpasir) dan tanah berpasir (pasir bercampur liat berdebu,pasir lepas, pasir padat), namun tidak dapat diterapkan pada tanah berjenis batu lunak, kerikil, batu besar. 

Demikianlah penjelasan mengenai tipe varian produk Rucika Jacking system, semoga dapat menambah wawasan para pembaca dan jangan lupa untuk selalu gunakan pipa Rucika karena Rucika adalah Solusi Total Sistem Perpipaan untuk Indonesia.

RNA

SHARE

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top