Mengapa Banjir di Jepang Jernih, Ini Alasannya!

Mengapa Banjir di Jepang Jernih, Ini Alasannya_Blog

Banjir atau genangan air tinggi yang baru saja terjadi di Jakarta, mengingatkan kita akan banjir yang melanda Jepang bulan Oktober yang lalu. Ya, topan Hagibis yang menghantam Jepang ini memberikan dampak banjir di beberapa lokasi seperti Tokyo, Shizouka dan Chiba yang menjadi viral karena warna airnya yang bening dan terlihat bersih.

Mengapa genangan air banjir bisa bersih dan begitu jernih? Tentunya kebersihan. Ada dua hal utama yang menjadi perhatian dalam kebersihan di Jepang, yaitu:

1. Bersih dari Sampah

Kedisiplinan sudah menjadi budaya masyarakat di Jepang, bahkan sudah menjadi kebanggan tersendiri dan harga diri mereka. Disiplin dalam membuang sampah dan membersihkan lingkungan sudah biasa dilakukan sejak dini dengan menanamkan paradigma jika lingkungan kotor akan menjadi sumber penyakit. Kebiasaan ini pun terlihat beberapa waktu yang lalu saat piala dunia dimana supporter Jepang membersihkan sampah bungkus makanan dan minuman yang bukan sampah mereka. Dengan begitu, tidak heran jika banjir di Jepang, tidak ada sampah yang ikut menggenang dan merusak pemandangan

2. Saluran Air Buangan yang Bersih

Selain bersih dari sampah yang juga diperhatikan oleh pemerintah agar tidak mengapung di aliran sungai dan tidak menghambat aliran air ketika banjir datang, sistem drainase pun juga diatur sedemikian rupa agar saat kelebihan debit air hujan tidak mengganggu sistem drainase yang berisi air kotor atau limbah.

Di Jepang, sistem saluran air buangan sangat diperhatikan dengan menggunakan access fitting yang terpasang setidaknya setiap beberapa meter baik di dalam ataupun luar ruangan yang berfungsi untuk kemudahan perawatan jika terjadi sumbatan di saluran air buangan.

Bekerjasama dengan salah satu perusahaan terbaik di Jepang, Produk Rucika Hygienic Systems pun sudah tersedia di Indonesia dan mulai terpasang di beberapa perumahan di Jakarta dan sekitarnya. Produk yang ramah lingkungan ini terdapat 2 pilihan penutup saluran kedap udara yang dapat disesuaikan dengan lokasi pemasangannya yaitu access cap dan grill cap.

Nah melihat dari kebiasaan warga di kota Jepang ini, bisa kita terapkan dan aplikasikan kepada diri kita untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya dan menggunakan produk saluran air yang juga ramah akan lingkungan seperti Rucika Access Fitting.

SHARE

rucikaadmin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

Scroll to Top