Mengenal Fitting Union Socket & Union Thread

MENGENAL FITTING UNION SOCKET & UNION THREAD

Salah satu kebutuhan pokok sehari – hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup. Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya. Dalam mendistribusikan air untuk keperluan rumah tangga diperlukannya sistem plambing. Pengertian plambing itu sendiri adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan instalasi perpipaan yang mencakup sistem air bersih atau air minum, sistem drainase, sistem air hujan yang dihubungkan dengan peralatan yang dibenarkan. Salah satu peralatan plambing yang sering kita jumpai di rumah kita atau rumah tinggal adalah pompa air.

Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang fungsi salah satu varian fitting Rucika dimana dalam aplikasinya berhubungan dengan instalasi pipa pada pompa air, toren, filter dan instalasi pipa air bertekanan yang sering membutuhkan perawatan. Varian fitting rucika tersebut adalah Union Socket & Union Thread. Sebagian orang menyebut dengan nama “Water Moor” dan ditelinga mengartikannya dengan sebutan “Water Mur”. Varian fitting ini sangat efektif dalam membuat instalasi sambungan antar pipa tanpa menggunakan lem solvent cement sehingga menjadi lebih mudah “dipasang-lepaskan”. Keuntungan menggunakan Union Socket & Union Thread dalam membuat instalasi pemipaan diantaranya :

  • Instalasi lebih mudah diperbaiki dan dimodifikasi
  • Dalam instalasi pompa air menjadi lebih mudah dibongkar pasang, baik saat hendak diperbaiki atau diganti dengan unit pompa baru

Sebelum lebih lanjut mengenal perbedaan fungsi fitting tersebut diatas, tentu hal yang pertama harus kita ketahui terlebih dahulu adalah mengetahui bentuknya.

Perbedaan fitting tersebut berdasarkan fungsinya adalah :

  1. Union Socket

Dengan nama pasar watermur berfungsi menyambungkan dua buah pipa dan memberikan fleksibilitas (mudah dilepas) pada saat perawatan atau perbaikan. Pengaplikasian fitting ini yaitu menggukanan lem solvent-cement kedalam soketnya

  1. Union Thread

Dengan nama pasar watermur drat berfungsi untuk menyambungkan dua buah pipa dan memberikan fleksibilitas (mudah dilepas) pada saat perawatan atau perbaikan. Namun perbedaanya adalah pada pengaplikasinya, fitting ini memiliki ulir/drat/thread pada bagian dalam soketnya. Sehingga dalam menyambungkan dengan pipa diperlukan fitting valve socket/socket drat luar dan Union Thread dapat diaplikasikan sebagai solusi untuk penyambungan antar 2 jenis pipa yang berbeda material.

Berdasarkan perbedaan tersebut yang telah di jelaskan diatas, maka masyarakat umum dapat menentukan pilihan fitting yang cocok untuk digunakaan pada rumah tinggal masing – masing. Demikian penjelasan tentang produk salah satu varian Rucika Fitting uPVC. Semoga dapat menambah wawasan para pembaca dan jangan lupa untuk selalu gunakan Produk Rucika karena Rucika adalah Solusi Total Sistem Perpipaan untuk Indonesia.

 “INGAT !! Jangan Sampai Salah Pilih PRODUK”

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top