Langkah Mudah Membuat Kebun Hidroponik Menggunakan Pipa PVC

Langkah Mudah Membuat Kebun Hidroponik Menggunakan Pipa PVC

Keterbatasan lahan tak menjadi alasan untuk berkebun karena kini kita bisa berkebun dengan sistem hidroponik. Alat yang dibutuhkan dan cara pembuatannya tak sulit.

1.  Alat yang diperlukan

 Untuk membuat kebun hidroponik , dibutuhkan pipa PVC dengan diameter 3 inci, gelas plastik, Rucika fitting (termasuk dop pipa), gergaji, selang, pompa aquarium, alat solder, alat bor, air, spons, dan biji tanaman hidroponik.

Untuk mendukung kebun hidroponik di halaman rumah tumbuh dengan baik, jangan lupa gunakan pipa PVC dari Rucika karena pipa Rucika sudah digunakan oleh banyak pelaku usaha budidaya tanaman hidroponik.

Baca Juga: Menanam Sayur dan Buah di Halaman Rumah dengan Teknik Hidroponik

2. Lubangi pipa PVC dan gelas plastik

Lubangi permukaan pipa PVC seukuran gelas plastik. Beri jarak antar lubang sekitar 20 cm agar antar tanaman tidak terhimpit. Kemudian, lubangi gelas plastik menggunakan solder, pisau, atau cutter. Masukkan gelas plastik ke dalam lubang pipa. Sisakan satu lubang untuk jalur pemberian nutrisi tanaman hidroponik.

3. Pasang pompa air

Tanaman hidroponik tetap memerlukan air, meski jumlahnya tak banyak. Untuk mengaliri air, pasang selang dan pompa air. Cara kerjanya mirip dengan sistem irigasi.

4. Masukkan bibit  tanaman

Potong spons seukuran gelas plastik. Lalu, letakkan bibit tanaman di atas spons, dan masukkan spons ke dalam gelas plastik. Penggunaan spons sangat baik untuk membantu menyerap air lebih lama. Patut diingat, tak semua tanaman cocok dengan sistem hidroponik. Beberapa tanaman yang dapat tumbuh subur dengan sistem hidroponik yaitu sawi hijau, kailan, selada hijau, buncis, pare, pakcoy, bayam, dan stroberi.

Baca Juga: Tanaman Hidroponik

5. Beri cairan nutrisi

Agar tanaman hidroponik tumbuh subur, beri larutan nutrisi. Anda bisa membuat sendiri larutan ini menggunakan dedaunan, bekatul, kotoran hewan ternak, gula merah, bioaktivator, dan air.

Untuk mendukung kebun hidroponik di halaman rumah tumbuh dengan baik, gunakan pipa PVC dari Rucika.

Pipa Rucika unggul karena tanpa timbal, tahan terhadap korosi, kuat dan anti pecah, daya tahan tinggi, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Pipa Rucika juga mudah ditemukan di pasar dengan harga relatif terjangkau.

Di Indonesia, pipa PVC dengan merk Rucika telah dikenal lebih dari 40 tahun lamanya. Pipa air jenis PVC dari Rucika sudah dipercaya masyarakat akan kualitasnya dan tersebar luas di Nusantara.

SHARE

rucikaadmin

rucikaadmin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

Load More

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

Scroll to Top